Share

Momen Panembahan Senopati dan Ratu Kidul Bercinta Buat Kerajaan Mataram Berjaya

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 21 November 2021 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 337 2504995 momen-panembahan-senopati-dan-ratu-kidul-bercinta-buat-kerajaan-mataram-berjaya-KHfEFWkQDc.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejayaan Kerajaan Mataram tak bisa dilepaskan dari peran Panembahan Senopati. Raja Mataram ini berhasil mewujudkan ramalan Sunan Giri dan menguasai Pulau Jawa, Mataram pun muncul sebagai kerajaan besar di masanya.

Konon Panembahan Senopati dalam mewujudkan kejayaan Mataram melalui dua langkah, yaitu konvensional dan didukung dengan cara supranatural. Hal ini dikisahkan pada buku "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiyono.

Sosok supranatural Ratu Kidul tak bisa dilepaskan dari andil kejayaan Mataram. Ya Panembahan Senopati berkoalisi dengan Ratu Kidul, sang lelembut legendaris penguasa Laut Selatan Jawa. Bahkan konon bukan hanya Panembahan Senopati saja yang berkomunikasi dengan Ratu Kidul, raja-raja Mataram yang memimpin lainnya pun juga demikian.

Bahkan kepercayaan berkomunikasi dan mendekat ke Ratu Kidul masih melekat di masyarakat Mataram. Sosok Ratu Kidul bukanlah sosok fiktif atau mitologis, melainkan sosok nyata, tetapi tidak bisa benar-benar dilihat keberadaanya oleh orang awam. Guna bisa bertemu dengannya ada semacam ritual dan langkah khusus, seperti halnya yang dilakukan oleh Panembahan Senopati dan raja-raja Mataram lainnya.

Baca juga: Membangkang ke Pajang, Panembahan Senopati Ditegur Pamannya Kacang Lupa Kulitnya

Dikisahkan pada Babad Tanah Jawi, bahkan pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul, membuat sang Raja Mataram ini terpesona dengan kecantikan sang ratu. Senopati juga terkesan dengan kemegahan istana bawah laut sang ratu. Hingga akhirnya Panembahan Senopati diajak Ratu Kidul ke kamar tidurnya di dalam istana.

Baca juga: Saat Kerajaan Mataram Berhasil Robohkan Benteng Kokoh Jepara

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selama tiga hari tiga malam, Panembahan Senopati tinggal di Istana Kanjeng Ratu Kidul, Panembahan Senopati bahkan bercinta melakukan hubungan dengan Ratu Kidul, serta bermesra - mesraan dengan sang ratu. Selama tiga hari tiga malam itulah, Panembahan Senopati juga diberi petunjuk oleh sang ratu, untuk menjadi seorang raja yang kuat dan memimpin segala umat manusia dan jin.

Dari wejangan dan petunjuk inilah, konon Panembahan Senopati berhasil membangun Kerajaan Mataram menguasai Jawa. Bahkan Mataram juga berhasil menguasai aspek supranatural para penguasa Jawa. Bahkan Ratu Kidul juga siap membantu Panembahan Senopati dan anak turunnya dalam memimpin Kerajaan Mataram. Jadi terlihat bagaimana konon sang penguasa laut selatan ini tak bisa dilepaskan dari kejayaan Mataram.

Baca juga: Kehancuran Kerajaan Mataram: Pemberontak Bawa Kabur Putri dan Abdi Dalem Cantik

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini