Share

Sejumlah Negara Legalkan Poligami, Ini Syaratnya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 21 November 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 337 2504939 sejumlah-negara-legalkan-poligami-ini-syaratnya-SVZ89Qh9EV.jpg Ilustrasi (Foto:Islami City)

JAKARTA - Poligami, atau pernikahan seorang pria dengan lebih dari satu istri dalam waktu bersamaan, memang diperbolehkan dalam agama Islam.

Syariat Islam mengizinkan poligami dengan maksimal istri yang dimiliki adalah 4 orang. Suami yang melakukan poligami juga dituntut harus berlaku adil kepada istri-istrinya dan menjamin kebutuhan hidup mereka terpenuhi.

Tidak banyak negara di dunia yang mengizinkan tindakan ini, namun ada beberapa pula yang memperbolehkannya. Berikut adalah 3 negara yang mengizinkan warganya untuk melakukan poligami:

1. Indonesia

Poligami diizinkan dilakukan di Indonesia asalkan mendapat persetujuan dari kedua belah pihak. Melansir jurnal Privat Law berjudul ‘Poligami Dalam Hukum Islam dan Hukum Positif Indonesia Serta Urgensi Pemberian Izin Poligami di Pengadilan Agama’, alasan seseorang boleh melakukan poligami tertuang dalam UU Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan pada pasal 4 ayat (2).

Baca juga: Kisah Syekh Saudi dan 3 Istri Asal Indonesia Hidup Rukun dalam Satu Atap, Ini Rahasianya

Disebutkan, pengadilan memberikan izin kepada seorang suami yang akan beristri lebih dari 2, apabila istri tidak menjalankan kewajibannya. Selanjutnya, istri menderita penyakit yang cukup parah dan tidak dapat disembuhkan serta mendapat cacat badan. Ketiga, poligami diizinkan jika istri tidak dapat melahirkan keturunan.

Baca juga: 3 in 1, Pria Ini Nikahi 3 Wanita Sekaligus dalam Satu Upacara untuk Menghemat Uang

Sementara itu, dalam pasal 5 ayat (1) diatur, pengajuan poligami bisa dilakukan apabila suami memenuhi beberapa syarat, seperti mendapat persetujuan dari istrinya, suami mampu menjamin atau memastikan keperluan istri-istri dan anak-anaknya bisa terpenuhi, serta adanya jaminan dari suami untuk bisa berlaku adil terhadap istri-istri dan anak-anaknya.

2. Maroko

Maroko juga menjadi negara yang memperbolehkan warganya melakukan poligami. Mengutip situs berita Morocco World News, pihak berwenang bisa memberikan izin poligami hanya apabila suami bisa memberikan beberapa dokumen penting yang sah.

Adapun dokumen tersebut adalah dokumen keuangan, persetujuan dari istri sebelumnya dan kesanggupan bahwa sang suami akan memperlakukan istri-istrinya dengan cara yang sama.

3. Malaysia

Malaysia juga memperbolehkan penerapan poligami dengan berbagai persyaratan. Menurut Jurnal Hukum Islam dengan judul ‘Poligami di Malaysia dan Indonesia Serta Relevansinya dengan Pemenuhan Hak Gender’, Mahkaman Malaysia bisa memberikan izin seseorang melakukan poligami jika ia mampu memberikan kemaslahatan dengan adanya poligami itu.

Baca juga: 5 Kisah Viral Pasangan Berpoligami

Artinya, ia bisa berlaku adil kepada para istrinya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Apabila suami (dalam hal ini pemohon) tidak bisa memenuhi keharusan tersebut, maka pihak pengadilan berhak untuk tidak mengabulkannya.

Jika pemohon tetap nekat melakukan poligami tanpa adanya persetujuan dari pengadilan, maka pengadilan berhak memberikan hukuman penjara kurang dari 6 bulan serta denda lebih dari seribu ringgit. Atau, bisa juga diganjar dengan 2 hukuman tersebut.

Baca juga: Viral Syekh Saudi Nikahi 3 Wanita Indonesia, Hidup Rukun Satu Atap

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini