Share

Humor Gus Dur: Cara Mudah Mencukur Pemimpin

Mohammad Adrianto S, Okezone · Minggu 21 November 2021 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 337 2504855 humor-gus-dur-cara-mudah-mencukur-pemimpin-MjoPYqMETU.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur selalu memiliki kelakar-kelakar pengundang tawa di dalam 'gudang senjata' miliknya. Gus Dur tidak pernah kehabisan bahan candaan ketika berkumpul dengan orang lain.

Menyadur situs nu.or.id, Gus Dur pernah berkisah kepada kawan-kawannya kisah lucu tukang cukur untuk memudahkan dirinya mencukur seorang pemimpin.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Pas 5 Menit Dapat Tepuk Tangan

Pada suatu kesempatan ceramah di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, September 1992, Gus Dur bercerita bahwa ada seorang pemimpin yang setiap tiga bulan sekali pergi ke tukang cukur langganannya.

Setiap pemimpin itu cukur rambut, si tukang cukur selalu bertanya tentang suksesi. "Bagaimana pak suksesi, sudah ada penggantinya?" tanya tukang cukur.

"Belum," jawab pemimpin itu lalu bicara soal lain. Tiga bulan kemudian pemimpin itu cukur lagi.

"Bagaimana suksesi, sudah ada penggantinya pak?" tanya tukang cukur.

"Belum," jawab pemimpin itu dan berlanjut bicara topik lain.

Baca Juga:  Humor Gus Dur: Daripada Bikin Bank Islam Mending Dagang Rambutan

Tiga bulan berikutnya terjadi dialog antara pemimpin dan tukang cukur. "Bagaimana suksesi, sudah ada penggantinya belum?" tanya tukang cukur.

"Kamu ini bagaimana sih selalu tanya soal pengganti saya. Kamu tidak suka dengan saya tetap menjadi pemimpin ya?" jawab sang pemimpin dengan nada tinggi.

Dengan tenang tukang cukur itu menjawab, "Bukan begitu pak, kalau saya tanya bapak sudah ada penggantinya atau belum, bulu kuduk bapak berdiri. Jadi saya gampang motongnya."

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini