Share

Libur Nataru, Menko PMK Sarankan Pemda Tutup Tempat Wisata Abai Prokes

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 19 November 2021 02:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 337 2504071 libur-nataru-menko-pmk-sarankan-pemda-tutup-tempat-wisata-abai-prokes-by2Uq4JM1y.jpeg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyarankan pemerintah daerah (pemda) menutup tempat wisata yang abai atau tidak bisa menjamin penerapan protokol kesehatan. 

Hal itu dikatakan Muhadjir terkait dengan periode Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Pada momen itu dikhawatirkan terjadi kerumunan di destinasi wisata dan menyebabkan lonjakan kasus Covid-19. 

"Dalam kaitannya dengan destinasi wisata yang tidak ada pengelolannya itu bagaimana kita minta pemda mengatur. Kalau mereka bisa mempertanggungjawabkan tentang prokes dan pengawasan secara ketat silakan dibuka. Tetapi kalau kira-kira tidak sanggup ya tutup saja," ucap Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Muhadjir menyoroti adanya destinasi wisata yang pengelolanya kurang memerhatikan prokes. Karenanya, tempat seperti ini disarankan tidak dibuka. Adapun penertibannya bisa dilakukan oleh pemda. 

Baca juga: Pemerintah Berlakukan PPKM Level 3 Akhir Tahun, Kerumunan Dilarang Total!

"Terutama untuk destinasi wisata yang tidak ada pengelolanya kan banyak itu di daerah-daerah itu. Misal tempat pemancingan umum yang tidak ada yang pengelolanya dan gratisan, itu bisa jadi nanti jadi tujuan kan. Kalau sampai bisa mengundang kerumunan yang menyalahi ketentuan ya sebaiknya ditutup saja," jelasnya. 

Sebagai informasi, pemerintah saat ini tengah mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pada periode Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Untuk mengantisipasi gelombang itu, maka pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 atau pengetatan. Kebijakan itu berlaku sama rata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini