Share

3 Bencana Alam Paling Mematikan di Dunia, Semuanya Pernah Terjadi di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 18 November 2021 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2503408 3-bencana-alam-paling-mematikan-di-dunia-semuanya-pernah-terjadi-di-indonesia-7nZdbzBOmu.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Di bawah ini adalah deretan bencana alam mematikan pernah melanda dunia. Bencana ini mengakibatkan ratusan ribu orang harus kehilangan tempat tinggal dan bahkan kehilangan nyawa. Berikut adalah 3 bencana alam paling mematikan yang pernah terjadi di dunia.

1. Tsunami

Bencana dahsyat berupa gelombang besar yang diakibatkan oleh pergerakan kerak bumi secara tiba-tiba atau yang biasa disebut tsunami, pernah beberapa kali melanda negara-negara di dunia.

Satu yang paling besar dan banyak menelan korban jiwa terjadi di Indonesia, tepatnya Aceh pada Desember 2004. Dalam laporan yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bencana itu mengakibatkan lebih dari 165 ribu jiwa melayang.

Sebelum dilanda tsunami, tanah Serambi Mekah itu terlebih dahulu diguncang gempa besar dengan magnitudo 9,1 SR. Selain Indonesia, negara lain yang juga pernah dilanda tsunami dahsyat adalah Jepang. Peristiwa itu terjadi pada 2011 dan mengakibatkan lebih dari 10 ribu orang tewas.

2. Gempa Bumi

Gempa bumi juga masuk ke dalam daftar bencana alam yang paling mematikan di dunia. Melansir Okezone, salah satu gempa bumi yang mematikan terjadi di Aceh pada 2004.

Berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter (SR), gempa tersebut menyebabkan tsunami dan mengakibatkan ratusan ribu warga tewas. Selain itu, ada pula gempa bumi berkekuatan 9 SR di Jepang.

Peristiwa ini terjadi pada 2011, dan juga mengakibatkan tsunami besar di negara itu. Mundur ke tahun 1964, gempa bumi berkekuatan 9,2 SR pernah terjadi di Alaska, Amerika Serikat. Sebanyak 131 orang harus kehilangan nyawanya akibat peristiwa ini. Sementara itu, ribuan orang lainnya mengalami luka.

3. Gunung Meletus

Masih ingatkah dengan peristiwa meletusnya Gunung Krakatau di tahun 1883? Ya, peristiwa itu menyebabkan kematian bagi lebih dari 30 ribu warga. Sementara itu, suara letusan gunung ini terdengar hingga jarak 46 ribu kilometer dan dapat didengar oleh 1/8 penduduk dunia.

Merunut jauh ke belakang, ada letusan Gunung Vesuvius yang melenyapkan 2 kota di Italia pada tahun 79 Masehi. Adapun kota yang hilang adalah Pompeii dan Herculaneum. Awan tebal berbentuk jamur dilaporkan membumbung tinggi ke udara sejauh 16 km.

Saking dahsyatnya, awan itu mencapai ke lapisan stratosfer bumi. Usai bencana dahsyat itu, jasad 2 ribu warga ditemukan di Pompeii dengan kondisi tertutup abu tebal. Sementara itu, penduduk Herculaneum yang berjumlah 5 ribu orang dikatakan tewas akibat terbakar dan sesak napas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini