Share

5 Fakta Ustadz Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Kiprah di Afghanistan Terungkap

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 17 November 2021 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2503277 5-fakta-ustadz-farid-okbah-ditangkap-densus-88-kiprah-di-afghanistan-terungkap-u9kCKyP4d9.jpg Ustadz Farid Okbah. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Densus 88 Antiteror menangkap Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustadz Farid Okbah, Selasa (16/11/2021) di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat. Penangkapan karena dugaan terlibat dalam jaringan teroris.

Sejumlah fakta mengenai penangkapan Ustadz Farid Okbah sudah kami rangkum sebagai berikut:

1. Ditangkap Sebelum Dakwah di Cirebon

Tim Pengacara Muslim (TPM) Achmad Michdan menyebut bahwa Densus 88 Antiteror Polri melakukan penangkapan terhadap Ustadz Farid Okbah sebelum kliennya berangkat ke Cirebon untuk berdakwah.

"Iya saya dapat informasinya begitu. Pagi-pagi saya ditelepon," kata Michdan saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Densus 88 Pastikan Farid Okbah Tak Gunakan Medsos Usai Ditangkap

2. Tangkap Tersangka Lain

Tidak hanya Farid Okbah, Densus 88 juga menangkap tiga orang terduga teroris di Bekasi. "Ya benar (ada tiga)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan.

Adapun ketiganya adalah, Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustadz Farid Okbah, Zain An-Najah dan Anung Al-Hamat.

3. Terduga Terlibat Jaringan Teroris

Ahmad mengungkapkan, ketiga terduga teroris tersebut diduga terafiliasi dengan kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

"AZ keterlibatannya adalah sebagai dewan syuro JI. kemudian selain itu, yang bersangkutan ketua dewan syariah lembaga amal zakat BM ABA," ungkap Ramadhan.

Kemudian, untuk Farid Okbah, diduga adalah sepuh atau dewan syuro Jamaah Islamiyah hingga dewan syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA). Sementara itu, Anung Al-Hamat diduga sebagai anggota pengawas perisai nusantara esa di tahun 2017 dan pengawas kelompok Jamaah Islamiyah.

4. MUI Minta Keterangan

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar abbas meminta keterangan Densus 88 sejelas-jelasnya kepada masyarakat publik untuk menjaga nama baik Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Kita meminta Densus 88 agar bisa menjelaskan hal ini sejelas-jelasnya kepada publik sebab kita juga berkepentingan dengan menjaga nama baik Presiden. Sebab meskipun yang bertindak adalah Densus 88 tapi yang terkena getahnya tentu adalah Presiden Jokowi," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya.

5. Farid Okbah Mantan Kombatan Afghanistan

Badan Nasional Penanggulangan Terorime (BNPT) RI menyebut Ustadz Farid Okbah merupakan salah satu anggota Jamaah Islamiyah (JI) yang tercatat pernah mengikuti pelatihan di Negara Afghanistan.

"Farid Ahmad Okbah itu lulusan LIPIA. Dia juga alumni Afghanistan, dia juga JI," kata Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjen Ahmad Nurwakhid, Rabu (17/11/2021).

Dirinya tidak mengungkap pasti kapan Farid mengikuti pelatihan di Afghanistan. Namun, Ahmad menyebut hal tersebut merupakan ranah dari penyidikan sehingga belum dapat diungkap ke publik lebih lanjut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini