Share

Heboh Pengacara Sebar Uang Rp40 Juta Depan Kantor Polisi, Simak 5 Faktanya

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 17 November 2021 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2503267 heboh-pengacara-sebar-uang-rp40-juta-depan-kantor-polisi-simak-5-faktanya-CuCEQZA7Pc.jpg Pengacara sebar uang depan kantor polisi. (Foto: Dok Okezone.com)

BANYUWANGI - Seorang pengacara bernama Nanang Slamet viral di media sosial karena menebar uang dengan jumlah banyak di hadapan Polsek Banyuwangi, Senin (15/11/2021).

Sejumlah fakta terkait peristiwa viral ini sudah kami rangkum sebagai berikut:

1. Hanya Spontanitas Belaka

Nanang Slamet mengaku, bahwa aksinya merupakan spontanitas belaka. Hal itu sebagai bentuk kekecewaannya terhadap oknum polisi yang menganggap tidak perlu ada pengacara dalam penanganan kliennya.

"Berdasarkan keterangan dari klien kami, bahwa berdasarkan saksi-saksi yang telah diperiksa atas perkara yang sedang saya tangani, Kanit Reskrim menyampaikan yang sifatnya membujuk. Namun dalam pandangan kami itu sebuah intervensi yang menyatakan bahwa tidak perlu didampingi oleh pengacara," ungkap Nanang.

2. Bagian dari Proses Komunikasi Tanpa Titik Temu

Berbeda dengan Nanang, Kapolsek Kota Banyuwangi, AKP Kusmin mengungkapkan bahwa aksi sebar uang yang dilakukan advokat bernama Nanang Slamet ini hanyalah bagian dari proses komunikasi yang tidak mencapai titik temu.

Baca juga: Ini Tampang Pengacara Sebar Uang Rp40 Juta, Ungkap Pernyataan Mengejutkan

"Kita buka komunikasi dan mediasi seluas-luasnya. Dalam hal ini komunikasi terkait mungkin para saksi yang diperiksa," ujar Kusmin.

3. Propam Turun Tangan

Terkait dengan peristiwa tersebut, Propam Polresta Banyuwangi, Jawa Timur, akan memanggil oknum polisi yang dimaksud guna dimintai keterangan.

Tidak hanya oknum polisi, mereka juga akan memanggil Nanang untuk meminta klarifikasi atas aksi lempar uang tersebut.

4. Kronologi Kejadian

Kasus ini viral setelah video berbagai sisi viral di media sosial, di mana memperlihatkan aksi pengacara tersebut bersama sejumlah warga masuk ke halaman polsek sambil berteriak memanggil Kanit Reskrim Polsek Banyuwangi.

Setiba di teras Polsek, Nanang berbicara dengan nada keras dan menyatakan kekecewaannya terhadap oknum polisi yang mengintervensi kliennya.

Dalam video tersebut juga disampaikan, oknum polisi tersebut tidak sekali dua kali melakukan intervensi yang bersifat penekanan kepada klienya, sehingga berujung pada memutus kuasa advokat.

"Apa kurang gaji negara? Saya terus terang mendapatkan uang Rp40 juta, ini silakan ambil semua," kata Nanang dalam video tersebut sembari menyebarkan uangnya.

5. Komentar Warganet

Kejadian ini tentu menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka yang memberi komentar beragam mengenai peristiwa ini.

"Ga gitu juga kalo mau kritik, masih banyak cara lain kok," ungkap akun @johnhdyt.

"Sebenernya udah bukan rahasia umum sih, kalo masyarakat udah gada yg respect sama penegak hukum sampe saat ini," tutur akun @ferdiansyah.ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini