Share

Daftar Pejabat yang Dilantik pada Hari Rabu: dari Kapolri dan Kini Jenderal Andika

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Rabu 17 November 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2503033 berikut-pejabat-yang-dilantik-pada-hari-rabu-dari-kapolri-dan-kini-jenderal-andika-1kksc0sAEP.jpg Presiden Joko Widodo (foto: dok biro pers)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo terkenal sering kali melakukan pelantikan pejabat negara atau membuat keputusan penting di hari Rabu. Ia sendiri diketahui lahir di hari Rabu Pon, 21 Juni 1961. Berikut adalah daftar pelantikan pejabat yang dilakukan di hari Rabu, yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI.

17 Januari 2018

Presiden Jokowi melantik KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Madya Yuyu Sutisna pada Rabu, 17 Januari 2018 di Istana Negara. Yuyu diangkat usai KSAU sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto, resmi menjadi Panglima TNI.

 Baca juga: Mengapa Presiden Jokowi Sering Melantik dan Membuat Keputusan Penting pada Hari Rabu?

Secara bersamaan, Presiden juga melantik Idrus Marham sebagai Menteri Sosial (menggantikan Khofifah Indar Prawansa) dan Jenderal TNI Purn Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan, yang sebelumnya diemban Teten Masduki. Sementara itu, dilantik pula Jenderal (Purn) Agum Gumelar sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

 

23 Desember 2020

Sebanyak 5 Wakil Menteri resmi dilantik Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020. Di tengah pandemi Covid-19 ini, pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

 Baca juga: Siang Ini, Presiden Jokowi Juga Lantik Dudung Jadi KSAD dan Kepala BNPB Suharyanto

Kelima pejabat negara yang diangkat itu adalah Pahala Mansury (Wakil Menteri BUMN), Letjen TNI Muhammad Herindra (Wakil Menteri Pertahanan), Eddy Hiariej (Wakil Menteri Hukum dan HAM), Dante Saksono Harbuwono (Wakil Menteri Kesehatan), dan Harvick Hasnul Qolby (Wakil Menteri Pertanian).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

27 Januari 2021

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo resmi diangkat menjadi Kapolri oleh Jokowi pada Rabu, 27 Janurai 2021. Lokasi pelantikan itu dilakukan di Istana Negara. Pelantikan dilakukan sehari setelah Jokowi menerima suntikan vaksin dosis keduanya. Listyo menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden ke DPR. Setelah melakukan serangkaian seleksi, Listyo dinyatakan layak dan siap dilantik.

 

28 April 2021

Jokowi melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi serta Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi di Istana Presiden. Penunjukkan Bahlil dilakukan usai DPR menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. DPR juga menyetujui dibentuknya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi pada 9 April 2021.

 

17 November 2021

Kabar terbaru, Presiden akan melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Rabu, 17 November 2021. Andika menjadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR dan telah lolos serangkaian tes. Pengangkatan Andika dilakukan untuk menggantikan Panglima TNI sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto, yang telah memasuki masa pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini