Yenny Wahid Ungkap Pesan Gus Dur: Kemanusiaan Lebih Penting dari Politik

Widya Michella, MNC Media · Rabu 17 November 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2502959 yenny-wahid-ungkap-pesan-gus-dur-kemanusiaan-lebih-penting-dari-politik-4hPE56Ybyy.jpg Gus Dur (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Hari Toleransi Internasional atau International Day of Tolerance diperingati tanggal 16 November setiap tahunnya. Hal ini didasarkan atas hasil kesepakatan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1995.

Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid menyebut belakangan ini toleransi menjadi sekedar simbol. Yang mana banyak diucapkan, tapi pada praktiknya masih ada diskriminasi baik suku, agama, ras, dan antar keyakinan.

"Kita melihat ada rasisme, tindak kekerasan pada kelompok minoritas. Toleransi adalah apa yang membuat kita jadi manusia,"demikian dikutip pada akun twitternya @yennywahid, Rabu,(17/11/2021).

Padahal Yenny sungguh berharap bahwa toleransi dapat menjadi nilai hidup yang dianut bersama dan bukan hanya sekedar seremonial semata. Yenny mengatakan Sang Ayah, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjalani toleransi sebagai panduan hidup dan berkomitmen penuh pada apa yang diyakininya.

Baca juga:ย Humor Gus Dur Jika Namanya Dijadikan Nama Sekolah

"Salah satu hal yang bapak ajarkan dan saya pegang teguh hingga hari ini adalah kemanusiaan itu penting. Bapak pernah bilang โ€œYang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan.โ€ saya berusaha keras menjalankan amanah ini dan yakin di masa depan kita di Indonesia bisa mencapainya," ujar Yenny dalam unggahannya.

Sehingga memaksakan pemikiran sendiri, apalagi sampai menggunakan kekerasan, menurutnya hanya akan melahirkan teror dan trauma. Oleh karena itu, kata Yenny diperlukan jalan antikekerasan, perdamaian, dan solidaritas saat menjalankan hidup seperti Ahimsa yang ditawarkan Mahatma Gandi.

"Saya berharap kita kembali mengingat fitrah diri sebagai manusia bertindaklah dengan nilai kemanusiaan. Menghormati hak orang lain, menjaga toleransi, dan yang paling penting memuliakan sesama,"ucapnya.

Untuk diketahui Yenny Wahid adalah putri sulung pasangan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan Sinta Nuriyah. Yenny Wahid pernah menempuh pendidikan di Universitas Trisakti, dia lahir pada 29 Oktober 1974.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini