Share

Ketika Risma Curhat ke KPK Berat Benahi Kemensos

Widya Michella, MNC Media · Rabu 17 November 2021 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 337 2502878 ketika-risma-curhat-ke-kpk-berat-benahi-kemensos-6iwnfgwuyp.jpg Mensos Tri Rismaharini (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini mengaku berat membenahi Kementerian Sosial (Kemensos) terutama dalam pendidikan karakter integritas yang menjadi budaya guna menangkal praktik-praktik korupsi.

"Jadi, kami sudah mencoba melakukan berbagai upaya temasuk juga dengan seluruh teman-teman di Kementerian Sosial. Memang agak berat karena ada beberapa yang menurut saya harus dibenahi dari dasarnya," kata Mensos Risma dalam Konferensi pers kegiatan pembekalan anti korupsi penyelenggara negara PAKU Integritas yang disiarkan akun YouTube KPK RI, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga:  Heboh! Menteri Risma Kejar Pengemis Mengaku Kaki Buntung

Walaupun begitu, Risma bersyukur pernah menjadi mantan birokrat yang mengerti tentang administrasi pengelolaan keuangan dan administrasi pengelolaan proyek, sehingga dapat diterapkan di lingkungan Kemensos.

"Jadi Insya Allah belum sempurna betul, tapi kita sudah menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Saya katakan belum sempurna karena masih harus ada beberapa yang ditraining, mungkin saya akan minta bantuan KPK," ujarnya.

Sebelumnya, Kemensos menyambut baik program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang digelar bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan harapan dapat menyatukan visi aparatur negara dalam menghadirkan fungsi dan tugas negara untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial.

PAKU Integritas pun menggunakan tiga strategi KPK yaitu penindakan agar takut untuk melakukan tindak pidana korupsi dan pelakunya jera, kedua perbaikan sistem tata kelola keuangan, penyelenggaraan layanan publik dan administrasi pemerintahan untuk mempersempit korupsi dan ketiga pendekatan pendidikan, peran serta masyarakat dalam menumbuhkan integritas dalam dirinya agar tidak ingin melakukan korupsi.

"Jadi karena itu kami menyambut baik, meskipun selama ini saya juga sudah berupaya melakukan itu di Kementerian Sosial. Tapi mungkin akan lebih mudah dan lebih cepat kalau bisa bersama-sama dengan KPK saat ini," ujar Mensos Risma.

Baca Juga:  Mensos Kunjungi Bangkalan, Akselerasi Vaksinasi untuk Warga Madura

Risma mengatakanm dalam waktu dekat, pejabat eselon di lingkungan satu akan melaksanakan pendidikan program PAKU Integritas milik KPK ini. "Dan esok hari, teman-teman Eselon 1 di Kementerian Sosial juga akan ada diklat untuk itu," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini