Polri Pastikan Polwan Akan Diberikan Ruang Jabat Posisi Strategis

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 16 November 2021 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 337 2502506 polri-pastikan-polwan-akan-diberikan-ruang-jabat-posisi-strategis-Tzpsc8ZSV1.jpg Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ramadhan (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - Polri menyatakan bahwa saat ini terdapat tiga polisi wanita (Polwan) yang tergolong sebagai perwira tinggi (Pati) atau jenderal dengan bintang di Korps Bhayangkara.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag penum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkam bahwa jumlah tersebut senantiasa akan diperbaiki oleh organisasi. Sehingga, nantinya semakin banyak polwan yang akan menempati jabatan strategis.

"Polri akan senantiasa berbenah diri untuk meningkatkan dari segi kuantitas polwan, maupun dari segi pembinaan karir dengan semakin banyak memberikan kesempatan bagi polwan untuk menempati jabatan strategis yang ada di organisasi sesuai dengan kompetensinya," kata Ramadhan kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Baca juga:  Sri Mulyani: Polisi Wanita sebagai Role Model Kesetaraan Gender

Menurut Ramadhan, tiga Pati aktif tersebut salah satunya menjabat sebagai Wakapolda Kalteng, Brigjen Ida Oetari Poernamasasi. Sementara, dua lainnya merupakan pejabat utama (PJU) di Mabes Polri.

Ramadhan menjelaskan, dalam dua tahun terakhir Korps Bhayangkara memiliki jumlah polwan sebanyak 24.722 personel. Dari keseluruhan itu, 1.477 personel berada pada golongan perwira menengah (Pamen).

Baca juga:  Kapolri Ungkap Polwan Berperan Penting Wujudkan Aparat Humanis dan Dekat dengan Masyarakat

Kemudian, 3.412 lainnya merupakan perwira pertama (Pama). Lalu, 19.830 personel lainnya merupakan golongan Bintara.

"Bahwa dalam proses perekrutan personel Polri secara keseluruhan tentu harus melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan dan tentunya ini sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku," ujar Ramadhan.

Sekadar diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya menyoroti kesetaraan gender di tubuh Polri. Menurutnya, jumlah personel wanita tak sebanding dengan keseluruhan anggota Polri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini