Share

KPI Sebut Revisi P3SPS Tak Jadi Disahkan

Riezky Maulana, iNews · Senin 15 November 2021 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 337 2502287 kpi-sebut-revisi-p3sps-tak-jadi-disahkan-DXk4fdaD1a.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Mulyo Hadi Purnomo menuturkan bahwa pihaknya telah membatalkan rencana untuk merevisi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Tidak jadinya revisi itu, berdasarkan hasil Rakornas yang digelar beberapa waktu lalu.

"Jelas ya, tidak jadi disahkan karena forum tertinggi dalam pengambilan keputusan untuk penetapan peraturan KPI itu ada di Rakornas. Rakornas baru beberapa hari lalu sudah lewat. Di tahun ini 2021 tidak jadi disahkan (P3SPS)," kata Mulyo dalam diskusi virtual IJTI bertajuk Membedah Revisi UU Penyiaran dan P3SPS, Senin (15/11/2021).

Terkait keluhan dari sejumlah organisasi penyiaran yang tidak dilibatkan dalam diskusi, Mulyo menilai terjadi tawar menawar untuk menentukan regulasi. Salah satu contoh yaitu adanya permintaan dari KPI Daerah yang menyarankan agar produksi konten lokal harus ada di jam produktif dan dikerjakan murni oleh produsen lokal.

"Kalau kita berpikir salah satu tugas KPI kan kemudian kami harus menjaga eksistensi agar lembaga penyiaran itu tetap bisa hidup," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Komisioner KPI Bidang Kelembagaan Irsan Ambia menjelaskan, pembahasan ihwal revisi terhadap P3SPS bukanlah hal baru. Menurutnya, rencana itu sudah dicanangkan kurang lebih sejak lima tahun lalu.

"Karena memnag ada dinamika hukum yang berkembang, kemudian ada kebutuhan hukum yang jadi salah salah satu dasar pemikiran teknis kenapa P3SPS itu harus diubah," jelasnya.

Baca Juga : Ketua KPID Jakarta: Sebaiknya P3SPS Tidak Disahkan dalam Rakornas 2021

Dia memaparkan, revisi SP3SPS juga menjadi upaya daripada KPI untuk memberikan kepastian hukum kepada lembaga penyiaran dan produk-produk KPI. Baik itu surat edaran dan sebagainya yang menyangkut dengan teknis pemantauan siaran.

"Ini yang kita rasa menjadi hal penting untuk bisa memberikan sebuah sudut pandang yang utuh terhadap revisi P3SPS ini," tuturnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini