Share

Jokowi Kocok Ulang Kabinet, Hadi Tjahjanto Berpeluang Gantikan Posisi Moeldoko

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 15 November 2021 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 337 2502071 jokowi-kocok-ulang-kabinet-hadi-tjahjanto-berpeluang-gantikan-posisi-moeldoko-vfsoP5H2LR.jpg Marsekal Hadi Tjahjanto/ Antara

JAKARTA — Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki purna tugasnnya pada akhir November. Diprediksi, Hadi tidak akan benar-benar berhenti dalam tugas kenegaraan usai pensiun sebagai Panglima TNI. Pasalnya, ia diyakini akan ditugaskan lagi oleh Presiden Jokowi untuk masuk ke dalam kabinet atau jabatan setara dengan itu.

(Baca juga: Nama Hadi Tjahjanto Menguat Masuk Kabinet Jokowi, Ini Reaksi Demokrat)

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, kans atau peluang Marsekal Hadi Tjahjano masuk ke dalam kabinet cukup besar.

"Kalau nganggur tak mungkin. kemungkinan dapat posisi," ucap Ujang, Senin (15/11/2021).

(Baca juga: Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Belum Berpikir)

Ujang memperkirakan Hadi bakal diangkat Jokowi sebagai menteri, atau jabatan setara menteri seperti Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Saat ini, KSP dijabat oleh Moedoko yang juga merupakan mantan Panglima TNI. Bisa pula mantan KSAU itu ditunjuk menjadi duta besar (Dubes) oleh Kepala Negara.

"Ada beberapa kemungkinan, bisa masuk kabinet, bisa punya jabatan setara menteri, seperti menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), bisa jadi Dubes atau posisi lainnya. Jika dilihat dari latar belakangnya Hadi, yang cocok itu di KSP," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini