Share

5 Legenda dan Hantu di Bali yang Bikin Merinding, Ada Pemangsa Anak-Anak

Mohammad Adrianto S, Okezone · Senin 15 November 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 337 2501999 5-legenda-dan-hantu-di-bali-yang-bikin-merinding-ada-pemangsa-anak-anak-eyyrEpN2vq.JPG Leak Bali (Foto: @leak_bali23)

DENPASAR - Pulau Bali dikenal memiliki legenda hantu yang terbilang mengerikan. Ini tidak lepas dari kepercayaan-kepercayaan mistisnya yang masih melekat di masyarakatnya.

Sudah banyak testimoni dari masyarakat sekitar maupun turis mengenai hantu-hantu di Bali. Beberapa di antaranya bahkan berhasil terekam kamera.

Penelusuran Okezone, paling tidak ada 5 legenda dan hantu di Bali yang paling mengerikan. Berikut pemaparannya.

1. Leak

Leak merupakan sosok hantu yang tidak lagi asing tidak hanya bagi masyarakat Bali, tapi juga masyarakat Indonesia. Leak digambarkan berwujud berupa mahkluk besar dengan mata mata besar dan gigi tajam.

Baca Juga: Misteri Leak Bali, Kisah Awal Kemunculan Makhluk 'Menyeramkan' Pencari Tumbal!

Di siang hari, Leak umumnya menyamar sebagai manusia biasa. Leak beraksi pada malam hari untuk mencari mangsa di kuburan, seperti organ-organ tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

2. Rangda

Dalam mitologi Bali, Rangda adalah sosok yang menjelma sebagai Ratu para Leak. Penampakannya serupa dengan Leak, yakni berbadan besar dan bergigi tajam.

Masyarakat Bali percaya bahwa Rangda kerap menculik hingga bahkan memakan anak-anak kecil. Tidak hanya itu, Rangda yang merupakan simbol kegelapan dan kejahatan, juga sering diceritakan sebagai musuh utama dari Barong yang merupakan simbol kekuatan baik.

3. Celuluk

Celuluk merupakan antek-antek Rangda dalam kisah Calonarang dan kerap membantunya dalam pertempuran. Celuluk ditakuti karena memiliki perawakan yang menyeramkan.

Selain badannya yang besar, Celuluk memiliki kepala hampir botak di depan namun lebat di belakang, taring serta kuku yang amat panjang, serta matanya yang melotot.

4. Brerong

Layaknya tuyul dalam kepercayaan masyarakat Jawa, Brerong adalah hantu yang dipercaya kerap digunakan masyarakat Bali untuk mencuri uang. Wujudnya pun serupa dengan tuyul, yakni berkepala botak serta tidak mengenakan pakaian kecuali celana.

Untuk menggunakan jasa Brerong, diketahui seseorang harus memberi tumbal berupa manusia. Setelahnya, mereka juga harus menepati janji-janji tertentu, atau mereka akan menerima akibatnya jika ingkar.

5. Memedi

Memedi dipercaya sebagai Genderuwo versi Bali. Sosok Memedi umumnya bersembunyi di semak belukar, dan kerap menculik anak-anak yang tertarik untuk bermain dengan mereka.

Memedi juga diketahui memiliki perawakan serupa dengan Genderuwo. Untuk mencegah Memedi menculik anak-anak, masyarakat Bali kerap memainkan alat musik beramai-ramai hingga Memedi mau mengembalikan anak yang diculik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini