Share

5 Fakta Korps Marinir, Sejarah hingga Pertempuran Penting yang Pernah Dihadapi

Mohammad Adrianto S, Okezone · Senin 15 November 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 337 2501981 5-fakta-korps-marinir-sejarah-hingga-pertempuran-penting-yang-pernah-dihadapi-tEPuDGmnLs.jpeg Marinir. (Foto: TNI AL)

JAKARTA - Korps Marinir TNI Angkatan Laut merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-76 pada Senin (15/11/2021). Korps Marinir sendiri merupakan salah satu pasukan yang disegani di kalangan militer dunia.Ā 

Berikut sejumlah fakta mengenai Korps Marinir yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Awalnya Bagian dari Angkatan Darat

Cikal bakal pasukan infanteri TNI AL ini bermula dari Corps Mariniers yang dibentuk pada Pangkalan IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Tegal tepat pada tanggal 15 November 1945.

Korps Marinir atau yang lebih dikenal dengan Baret Ungu ini mungkin tak banyak yang tahu pada mulanya korps ini dijadikan bagian dari TNI Angkatan Darat (AD).

Marinis mulanya dibentuk sebagai ā€œpendidikanā€ para pelaut Indonesia yang tergabung di ALRI agar bisa bertempur di darat dalam keadaan darurat.

2. Sempat Dipisah dari TNI-AL

Saat itu, karena Korps Marinir dari Pangkalan Tegal ini sudah banyak pengalaman tempur di darat, maka pemerintah memutuskan untuk memisahkannya dari TNI AL.Ā 

Baca juga:Ā Kisah Perjuangan Kopral KKO Bakri, Tokoh Penting Terbentuknya Korps Marinir

Barulah pada 9 Oktober 1948 terbit Surat Keputusan No. A/565/1948 dari Menteri Pertahanan. Isi surat itu berisi penetapan pembentukan Korps Komando di lingkungan TNI AL (KKO AL).

Kendati begitu, penerimaan personelnya baru dilakukan pasca-Konferensi Meja Bundar (KMB) pada 1949. Dari seluruh personel KKO AL yang tercatat pada 1950, sebanyak 90 persen merupakan mantan Corps Mariniers Pangkalan IV Tegal.Ā 

3. Pertempuran Penting

Berikut sejumlah pertempuran penting yang Korps Marinir TNI-AL pernah lewati:

Perang Kemerdekaan

Operasi Penumpasan DI/TII

Operasi Penumpasan PRRI

Operasi Penumpasan Permesta

Operasi PenumpasanĀ RMS

Operasi Trikora

Operasi Dwikora

Operasi Penumpasan G30S/PKI

Operasi SerojaĀ 

Operasi Jaring Merah

Operasi Pengamanan AmbonĀ 

Operasi Rencong Sakti

Operasi Merah Putih

Operasi Madago Raya

Kontingen Garuda

4. Naikkan Pangkat Sejumlah Pejabat

Bertepatan dengan HUT ke-76, status Komandan Korps Marinir (Dankormar) akan ditingkatkan pangkatnya menjadi bintang tiga atau Letnan Jenderal TNI Mar. Terkini, Dankormar masih dijabat oleh Pati bintang dua dengan nama Mayor Jenderal TNI Marinir.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjelaskan, proses peningkatan itu sedikit lagi akan rampung dan tinggal menunggu Surat Keputusan Panglima TNI. "Marinir juga nanti akan dipimpin oleh jenderal bintang 3 tinggal menunggu keputusan dari Panglima TNI," jelas Yudo, Senin (1.5/11/2021).

5. Sehari Setelah HUT Brimob

Sehari sebelum HUT Korps Marinir TNI-AL, bertepatan juga dengan HUT salah satu korps tertua di Indonesia, yakni Korps Brigadir Mobil (Brimob) Polri

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini