Share

Berikut 4 Kasus Perampokan Disertai Penyekapan, yang Terakhir Paling Sadis

Andin Danaryati, Litbang Okezone · Senin 15 November 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 337 2501669 berikut-4-kasus-perampokan-disertai-penyekapan-yang-terakhir-paling-sadis-W0JkJU5MZq.jpg Illustrasi (foto: Crypovest)

TINDAKAN kriminal seperti perampokan tidak jarang menjadi pemicu dari tindakan lain agar pelaku dapat menutupi perbuatannya. Salah satu tindakan yang kerap dilakukan pelaku perampokan adalah menyekap korban.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kasus perampokan dan penyekapan yang pernah terjadi di Indonesia:

1. Cirebon, Jawa Barat

Sebuah gudang minuman kesehatan yang terletak di Jalan Gunung Jati Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dirampok oleh sekelompok orang pada Selasa (9/11/2021) pukul 17.10 WIB.

Menurut sumber, empat orang pelaku menggunakan senjata api dan senjata tajam. Pelaku sempat menyekap dua orang satpam di dalam gudang tersebut. Pihak kepolisian setempat mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun ada kerugian finansial sebesar Rp 15 juta. Saat ini, polisi masing mengumpulkan barang bukti dan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk kasus ini.

 

2. Padang, Sumatera Barat

Pihak kepolisian menurunkan tim khusus untuk mengusut kasus perampokan yang terjadi pada Sabtu (23/10/2021) malam. Perampokan terjadi di sebuah rumah yang terletak diJalan Kelok, Belimbing, Kecamatan Kuranji, Padang.

Salah seorang penghuni rumah berinisial YN (58) ditemukan tewas akibat tusukan benda tajam milik pelaku. Menurut keterangan saksi, pelaku berjumlah 3 orang masuk ke dalam rumah sekitar pukul 21.00 WIB dengan membawa senjata tajam.

Kemudian para pelaku menyekap penghuni rumah yang berinisial YN (59), dan K (58). Korban tewas diduga ditusuk lantaran berteriak minta tolong. Sementara K juga dikabarkan sempat melakukan perlawanan yang menyebabkan tangannya patah. Beberapa barang yang dirampok antara lain satu unit mobil Honda Mobilio, kartu ATM, empat unit gawai (smartphone), serta perangkat CCTV.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

3. Bogor, Jawa Barat

Kasus perampokan dan penyekapan terjadi di Kampung Haruman, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kedelapan pelaku diketahui membobol dan mengambil barang-barang berharga di sebuah rumah yang terletak di kawasan Cijeruk pada Rabu (15/1/2020) dini hari.

Sepasang suami istri yang tinggal di rumah itu dikagetkan oleh sekelompok orang bersenjata tajam yang masuk rumah setelah mencongkel jendela. Setelahnya, perempuan yang menjadi korban sempat meminta tolong, yang kemudian membuat keduanya disekap dan dianiaya oleh para pelaku.

Setelah melakukan penyekapan, barulah para pelaku menggasak barang-barang berharga yang ada di rumah tersebut. Total kerugian yang dialami korban mencapai Rp 350 juta. Setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil menangkap 6 dari 8 orang pelaku.

Keenam orang tersebut berinisial AH (23), L (22), S (31), MW (38), S (40) dan R (37). Salah seorang pelaku yang ditangkap pihak kepolisian merupakan sekretaris desa di Lebak Banten yang masih aktif menjabat.

4. Pulomas, Jakarta Timur

Salah satu kasus perampokan dan penyekapan yang sempat heboh pada masanya adalah perampokan sebuah rumah mewah di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Perampokan yang terjadi pada Senin (26/12/2016) ini menyebabkan 6 orang meninggal dunia.

Rekaman CCTV yang yang ada menampilkan perampok masuk ke rumah tersebut pada pukul 14.26 dan keluar pada pukul 14.42 WIB. Pelaku yang berinisial RB, ES, ABS, dan IP diketahui menyekap 11 orang penghuni rumah tersebut di dalam kamar mandi berukuran 1,5 meter persegi sebelum menggasak barang-barang di rumah tersebut.

Saat penangkapan, salah seorang pelaku yang berinisial RB tewas karena kehabisan darah usai ditembak oleh salah seorang anggota kepolisian. Sementara tiga pelaku lain dijatuhi ancaman hukuman 15 tahun penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini