Share

4 Kasus Truk BBM Meledak, Ada yang Menewaskan Hampir 100 Orang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 12 November 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 337 2500508 4-kasus-truk-bbm-meledak-ada-yang-menewaskan-hampir-100-orang-pJeV0xun8Y.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

BARU-baru ini terjadi ledakan akibat sebuah truk BBM yang menabrak truk pengangkut pasir di ibu kota Sierra Leone, Freetown.

Akibat insiden ini hampir 100 orang tewas. Insiden ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Berikut daftar kasus meledaknya truk BBM.

1. November 2021


Hampir 100 orang tewas ketika truk BBM meledak setelah kecelakaan di ibu kota Sierra Leone, Freetown. Truk BBM itu diduga mencoba memutar balik ketika bertabrakan dengan truk pengangkut pasir. Kemudian truk mulai membocorkan bahan bakar.

Banyak dari korban adalah orang-orang yang yang berusaha mengumpukan bahan bakar yang tumpah setelah truk tangki tersebut mengalami kecelakaan. Ketika orang-orang tersebut sedangkan mengumpulkan bahan bakar, truk BBM tersebut meledak. Ledakan juga membakar sebuah pompa bensin terdekat.

2. Oktober 2021


Truk bermuatan BBM terbakar di ruas jalan tol Pandaan-Malang, Kabupaten Pasuruaan, Jawa Timur. Kebakaran ini diduga karena korsleting listrik. Ketika terjadi kebakaran sempat terjadi ledakan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sang sopir berhasil meloncat keluar ketika mesin truk mengeluarkan api. Petugas jalan tol terpaksa menghalau para pengguna jalan setelah truk bermuatan solar terbakar di kilometer 59-400 Tol Pandaan-Malang. Akibat insiden ini, arus lalu lintas sempat alami kemacetan.

Baca Juga : Truk BBM Meledak dan 100 Tewas, Presiden Janji Beri Dukungan ke Keluarga Korban

Baca Juga : Truk Tronton Terguling di Daan Mogot, Lalin Padat

3. Mei 2020


Truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina terbakar di SPBU 44.581.05 Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kebakaran diduga karena gesekan disptik atau tongkat besi pengukur truk BBM yang menyenggol kabel listrik. Terbakarnya truk BBM ini berawal dari truk yang sedang melakukan proses bongkar bahan bakar minyak jenis premium di SPBU. Kebakaran truk tersebut memicu ledakan yang keras. Akibatnya sang sopir mengalami luka bakar di bagian tangan dan kaki serta patah tulang di bagian kaki.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Februari 2020


Truk BBM meledak hingga terbakar setelah menabrak truk pasir di Kilometer 10 Jalan Tol Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Dalam video yang beredar, api membakar truk yang mengangkut BBM jenis solar. Petugas pemadam kebakaran berupaya untuk memadamkan api agar tidak menjalar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun arus lalu lintas dari Jalan Tol Tembalang menuju Exit Tol Jatingaleh arah barat dialihkan menuju Gayamsari dan Kaligawe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini