Jokowi Ungkap Kesedihan: Kita Makin Dihormati Negara Lain tapi Sering Dikerdilkan di Negara Sendiri

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 11 November 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 337 2500144 jokowi-ungkap-kesedihan-kita-makin-dihormati-negara-lain-tapi-sering-dikerdilkan-di-negara-sendiri-j5Vxw3VzhK.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia adalah negara besar dan sedang memegang tongkat keketuaan G20. Bahkan di tahun 2022 juga akan dipercaya memimpin ASEAN.

“Dan perlu saya tegaskan sekali lagi kita ini adalah negara besar yang sering kita lupa. Sering kita lupa. Nanti setelah kita menjadi keketuaan di G20 berikutnya di tahun 2022 nanti kita juga akan menerima tongkat menjadi ketua di ASEAN juga. Mungkin di bulan-bulan Oktober atau November 2022,” katanya di HUT Ke-10 Partai Nasdem, Kamis (11/11/2021).

“Kembali lagi saya sampaikan kita ini adalah negara besar. Negara Indonesia adalah negara besar dengan sejarah besarnya. Dan kita ingin betul, sekali lagi kita manfaatkan ini untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan dunia dalam rangka apapun,” lanjutnya.

Baca juga: Hari Pahlawan, Jokowi: Bangsa Ini Semakin Kokoh Bagaikan Karang

Namun begitu, Jokowi mengaku sedih karena posisi Indonesia yang semakin dihormati negara lain malah sering dikerdilkan di dalam negeri.

“Tetapi yang sering saya sedih. Posisi kita semakin dihargai, posisi kita semakin dihormati, posisi kita semakin dipandang oleh negara lain tapi sering di negara sendiri dikerdilkan. Ini yang sering membuat saya sedih,” tuturnya.

Menurutnya posisi Indonesia saat ini juga akan membuat warga negara Indonesia juga merasakan kehormatan itu.

“Sebetulnya baik pada keketuaan presidensi G20 ataupun nantinya setelah ini menjadi ketua ASEAN mestinya Indonesia sebagai bangsa dihormati dan juga warga negara Indonesia ini juga akan merasakan semuanya,warga kita kehormatan itu. Merasakan akan kehormatan itu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini