Share

Wapres Dukung Pembangunan Kawasan Industri Halal di Gresik

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 11 November 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 337 2500016 wapres-dukung-pembangunan-kawasan-industri-halal-di-gresik-XH3rcwzu3j.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menerima audiensi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit ini, Wapres mengungkapkan dukungannya terhadap rencana Pemerintah Kabupaten Gresik yang hendak membangun Kawasan Industri Halal (KIH) untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Saya kira kita memang mendorong pertumbuhan KIH. Itu memang program pemerintah dan salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah kita," ucap Kiai Ma'ruf dilansir dari keterangan tertulis Setwapres pada Kamis (11/11/2021).

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah pengembangan industri halal yakni dengan memperbanyak KIH.

Baca juga: Wapres Sebut Pengeluaran Produk Halal Capai USD2,4 Triliun di 2024

"Meskipun di Jawa Timur sudah ada KIH Safe n Lock Sidoarjo, saya kira tidak apa-apa dikembangkan juga KIH di Gresik," ujarnya.

Untuk itu, Wapres meminta Bupati Gresik untuk segera berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur guna melengkapi segala persyaratan administratifnya.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Industri Halal Berperan Strategis Tingkatkan Ekonomi Nasional

"Yang penting saya kira koordinasi dengan Gubernur, dan kalau sudah memenuhi syarat (lanjut) ke Kementerian Perindustrian untuk memperoleh legalitasnya," imbau Wapres.

Wapres menyebutkan bahwa saat ini sudah ada tiga KIH yang telah memperoleh penetapan dari Kementerian Perindustrian yaitu Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Modern Cikande Industrial Estate di Serang-Banten, dan Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

"Saya dengar sedang proses juga dua KIH di NTB. Mungkin juga Riau dan Batam sedang dipersiapkan," pungkasnya.

Baca juga: Wapres: Industri Halal Bukan Sekadar Pelengkap Ekonomi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini