Share

Gerilya Untung Surapati Kerahkan Para Budak Lawan VOC

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 11 November 2021 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 337 2499953 gerilya-untung-surapati-kerahkan-para-budak-lawan-voc-39Np065VdH.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Untung Surapati atau yang memiliki nama asli Surawiraaji sempat menjadi tahanan pasca ulahnya bercinta dengan anak sang majikan. Di dalam penjara ini, Untung Surapati ditahan bersama para budak - budak lain yang ditahan oleh VOC.

Dikisahkan pada buku "Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati" tulisan Abdul Waid, ada total 60 budak yang menjalani penahanan di penjara - penjara VOC.

Untung pun berkomunikasi dan menawarkan gagasan pada para budak untuk melarikan diri dan melakukan perlawanan terhadap VOC. Awal mula memang gagasan Untung sempat ditolak beberapa budak. Mengingat para budak itu sudah berusia tua dan tubuh mereka teramat lemah karena jarang diberi makan.

Tetapi Untung terus membakar semangat mereka untuk keluar dari penjara sebagai bentuk perlawanan terhadap VOC. Namun beberapa budak yang dalam kondisi sudah tua memilih untuk tidak ikut misi Untung Surapati. Mereka memilih untuk tetap di dalam penjara dalam kondisi hidup namun dalam penderitaan.

Baca juga: Kisah Untung Surapati Dijual Ayahnya kepada VOC untuk Modal Perang

Namun para budak yang masih berusia muda dikisahkan dalam Babad Trunajaya Surapati cenderung mempunyai nyali untuk mendobrak dan melakukan perlawanan. Meskipun resiko yang dihadapi adalah kematian, ia sama sekali tidak takut dan bergeming untuk mundur.

Baca juga: Untung Surapati, Pejuang Keturunan Raja Udayana yang Sempat Jadi Budak

Untung bisa meyakinkan para budak untuk ikut berjuang bersamanya. Namun Untung juga memperhatikan strategi untuk menghadapi VOC. Untung memilih meminta bantuan kerabat kekasihnya untuk menyediakan senjata dan makanan buat 60 budak.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Namun kekasih Untung ternyata bukanlah Suzanne yang merupakan anak majikannya Edele Heer Moor, melainkan perempuan pribumi yang tinggal di Batavia. Tetapi siapa perempuan ini tak dijelaskan begitu gamplang di Babad Trunajaya Surapati.

Sesudah mendapat senjata yang berupa keris, pedang, celurit, tombak, dan makanan dari kerabat kekasihnya, Untung kembali ke penjara. Entah bagaimana caranya Untung ini bisa keluar dari penjara VOC di Batavia.

Tetapi setibanya di penjara, Untung dihadang oleh seorang serdadu dan seorsnh kopral. Terjadilah pertarungan antara Untung dan keduanya, Untung pun menang. Tak lama kemudian, ia memasuki penjara dan menemui 60 budak kawannya, serta membagikan senjata dan makanan kepada mereka.

Baca juga: Kisah Untung Surapati, Awal Mula Menjadi Budak di Usia Anak-Anak

Akhirnya para budak yang akhirnya mengonsumsi makanan dan mendapatkan senjata siap berperang melawan VOC. Untung pun segera membawa mereka keluar dari penjara, tetapi baru keluar dari penjara mereka diberondong oleh pasukan VOC. Perang pun tidak dapat dihindari, korban jiwa pun timbul dari kedua belah pihak.

Dari 60 budak tersebut hampir seluruhnya tewas, hanya Untung yang berhasil selamat. Sadar dirinya sendirian akhirnya ia melarikan diri dan bersembunyi di padang ilalang. Di sana Untung berusaha menyelamatkan diri dari sergapan pasukan VOC.

Baca juga: Untung Surapati, Pejuang Keturunan Raja Udayana yang Sempat Jadi Budak

Usai berhasil selamat dan keluar dari penjara, Untung kembali ke Kota Batavia. Di sana ia menyamar sebagai penjual daun sirih. Untung menyamar sambil menggalang massa dari para budak untuk melanjutkan perlawanan terhadap VOC.

Upaya Untung sedikit demi sedikit berhasil. Ia menggalang pasukan dengan total 30 orang budak, mereka meninggalkan kota dengan membawa senjata, menuju padang ilalang yang merupakan persembunyian Untung.

Lambat laun, pengikut Untung Surapati yang ingin mengikuti perjuangannya melawan VOC bertambah. Mereka datang ke padang ilalang, baik secara perseorangan maupun berkelompok yang membuat jumlah pasukan Untung Surapati kian bertambah.

Di sisi lain para pembesar VOC berunding untuk mencari tempat persembunyian Untung beserta pengikutnya. Namun suatu ketika ada pengumuman dari Edele Heer Moor bahwa barang siapa yang berhasil menangkap Untung Surapati baik hidup maupun mati, akan mendapat hadiah besar.

Baca juga: Kisah Untung Surapati Menjadi Budak di Usia Anak - Anak hingga Berperang Lawan VOC

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini