Share

Humor Gus Dur: Sudah Meninggal Masih Doyan Duit

Mohammad Adrianto S, Okezone · Kamis 11 November 2021 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 337 2499907 humor-gus-dur-sudah-meninggal-masih-doyan-duit-M4RpeISVjC.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA - Kapan pun eranya, Indonesia tidak pernah lepas dari kisah korupsi dalam pemerintahannya. Tidak terkecuali di saat Pesiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjabat sebagai Kepala Negara.

Mengutip buku Fatwa dan Canda Gus Dur karya KH Maman Imanulhaq dilansir dari NU Online, Gus Dur pernah menyindir koruptor-koruptor itu saat dia mendatangi KPK untuk memberi dukungan atas itikad baik dalam memberantas koruptor.

Saat itu, Gus Dur dan beberapa orang yang setia mendampinginya seperti Maman Imanulhaq menuju Kantor PBNU usai memberi dukungan kepada KPK dalam komitmen pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Humor Gus Dur: Penyebab Sakit Gigi Sama dengan Orang Hamil

Dalam satu mobil, Gus Dur sempat melontarkan gurauan kepada Maman, “Inget ya, kalau doa jangan dikorupsi. Masa doa rabbana taqabbal minna-nya tidak ada watub ‘alaina-nya.” Maman terbahak karena tersindir.

Seketika, Maman juga tergerak menceritakan guyonan tentang koruptor. Maman bercerita, ada seorang koruptor yang telah wafat. Tapi tangan kanannya terus mengacung ke atas.

Dengan berbagai cara agar bisa sidakep, tangan itu tetap kaku. Akhirnya seorang kiai menempelkan uang Rp100 ribu di tangan kanan jenazah tersebut.

“Dan seketika tangannya langsung luruh ke bawah,” ucap Maman terkekeh.

Gus Dur tertawa dan berkomentar, “Sudah meninggal masih doyan duit, apalagi masih hidup.”

Baca Juga: Humor Gus Dur Jika Namanya Dijadikan Nama Sekolah

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini