Share

5 Kasus Bayi Dibuang Gegerkan Masyarakat, Nomor 4 Sungguh Miris

Mohammad Adrianto S, Okezone · Rabu 10 November 2021 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 337 2499641 5-kasus-bayi-dibuang-gegerkan-masyarakat-nomor-4-sungguh-miris-rwFrX33tp2.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Terdengar tidak lazim, tapi penemuan bayi dibuang oleh orangtuanya pasca melahirkan cukup sering terjadi di Indonesia. Hal ini tentu menggegerkan warga yang menemukan keberadaan sang bayi.

Seperti baru-baru ini, seorang warga Dusun 4 Bandung Raya, Desa Sukaraya, Kecamatan STL Ulu Terawas menemukan anak bayi perempuan saat hendak memancing, Selasa (9/11/2021).

Okezone mencoba mengumpulkan kejadian pembuangan bayi yang sudah disusun sebagai berikut:

1. Bayi Dibuang dan Ditemukan dalam Kondisi Kedinginan

Warga Dusun 4 Bandung Raya, Desa Sukaraya, Kecamatan STL Ulu Terawas mendadak geger atas penemuanbayi perempuan di bawah pohon kelingking oleh Burhanudin (66) saat akan pergi memancing, Selasa 9 November 2021, sekitar pukul 17.30 WIB. 

Peristiwa penemuan bayi ini sudah dilaporkan ke aparat kepolisian dan bayi sudah dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan. Bayi ini sendiri ditemukan dalam keadaan kedinginan, tergeletak di tanah tanpa mengenakan apapun, dan masih memiliki ari-ari. 

“Awalnya dikira boneka pas dideketi ternyata bayi itu menangis, karena kaget yang bersangkutan langsung membawa bayi itu ke rumah saya,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Sukayara, Alex, Rabu (10/11/2021).

2. Bayi Dibuang Beserta Secarik Surat Wasiat

Warga RT 04/10, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, menemukan sosok bayi laki-laki di depan sebuah kontrakan pada Senin 18 Oktober 2021 malam.

Warga menemukan bayi itu dengan kondisi diselimuti dengan kain penghangat serta terdapat peralatan bayi seperti dot dan susu. Di dalam selimut bayi, terselip secarik surat wasiat yang ditulis oleh orang tua bayi tersebut.

Isi tulisan surat wasiat itu menjelaskan orang tua bayi yang menitipkan sang anak kepada pemilik kontrakan bernama Darmawati. Bayi itu sendiri sudah diberi nama Azkar Putra Wijaya.

Sementara terkait biaya perawatan, akan dikirim oleh kurir dan jika keadaan sudah memungkinkan, maka bayi tersebut akan diambil kembali. 

Baca juga: Dikira Boneka, Bayi Perempuan Ditemukan di Bawah Pohon Dalam Kondisi Kedinginan

3. Temukan Bayi saat Menyapu

Bayi laki-laki ditemukan di pinggir Jalan Raya Ragunan, tepatnya dekat SD Bakti Tugas, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Minggu 18 Juli 2021 pagi. Bayi tersebut sempat dirawat sementara di RSUD Jatipadang. 

Anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Pasar Minggu, Sri Anita mengungkapkan dirinya menemukan bayi tersebut saat sedang menyapu jalanan. Bayi tersebut tampak baru dilahirkan dan ditemukan terbungkus kain sarung dan kantong plastik.

"Waktu saya lagi nyapu jalan, saya dengar ada bayi menangis. Bayinya masih ada ari-arinya, saya langsung lemas dan menangis, baru pertama kali nemuin bayi," ujarnya saat diwawancara.

Sri yang saat itu tengah bekerja, mendengar suara seperti tangisan bayi di pinggiran jalan. Saat dicari tahu asal suara itu dari kantong plastik, dia pun penasaran dan membukanya, dan melihat sesosok anak bayi di dalamnya. 

4. Bayi Dibuang di Kolong Jalan Tol

Sesosok bayi ditemukan warga di Kolong Tol Cibitung-Cilincing di Jalan Raya Kampung Belendung RT 003 RW 001, Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Kamis, 8 Juli 2021.

Bayi berjenis kelamin laki–laki tersebut ditemukan dalam kondisi hidup. Penemuan bayi laki-laki tersebut ditemukan oleh Banan (64), Ketua RT setempat yang melintas di lokasi jalan itu karena mendengar suara tangisan bayi.

Karena penasaran, Banan menelesuri sumber suara tersebut. Setelah menyusuri pinggir jalan raya, dia menemukan bayi laki-laki yang tergeletak di atas rerumputan tanpa pakaian dan hanya terbungkus kain batik.

”Saya lewat, ada suara bayi nangis, saya penasaran cari sampai pinggir tol. Ada bayi dibungkus kain tanpa pakai baju di rumput lagi nangis,” kata Banan. 

5. Bayi Dibuang di Toilet SPBU 

Warga Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) sempat geger atas penemuan bayi perempuan di toilet SPBU di daerah tersebut, Rabu, 2 Juni 2021.

Hal ini terungkap dari video milik akun Instagram @manaberita, yang memperlihatkan tiga orang petugas SPBU tengah menggendong bayi perempuan tersebut.

“Suara tangisan bayi terdengar oleh petugas SPBU dan saat toilet dibuka, terdapatlah sang bayi. Sedangkan ibu yang melahirkan diduga telah melarikan diri,” tulis caption akun ini.

Lebih lanjut, bayi itu sempat dibawa dan dirawat oleh Bidan Yus yang berlokasi dekat SPBU. Sementara sang Ibu yang membuang bayi tersebut diketahui melarikan diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini