Share

Hari Pahlawan, Megawati: Bung Karno Mengatakan Jangan Lupakan Sejarah

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 10 November 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 337 2499425 hari-pahlawan-megawati-bung-karno-mengatakan-jangan-lupakan-sejarah-wEq49Vh8oc.jpg Hari Pahlawan, Megawati ingatkan pesan Bung Karno untuk tidak lupakan sejarah. (Foto: Tangkapan layar Youtube)

JAKARTA - Di Hari Pahlawan, Megawati Soekarnoputri yang merupakan Presiden ke-5 RI dan Ketua Umum PDI Perjuangan, mengingatkan para anak muda generasi penerus bangsa Indonesia untuk tidak melupakan sejarah.

Megawati Soekarnoputri menyampaikan hal tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada hari ini, Rabu (10/11/2021) dalam video singkat di akun Instagram bumegabercerita.

"Anak-anakku yang kucintai, 10 November adalah hari Pahlawan. Jadi kalian yang sudah hidup nikmat nyaman tinggal di Indonesia sebagai Republik Indonesia yang kita cintai. Itu seharusnya juga tidak akan pernah lupa kepada para pahlawan kita," ujar Megawati.


Baca juga: 4 Pahlawan Nasional dari Jawa Timur, Soetomo hingga HOS Tjokroaminoto


Baca juga: 3 Pahlawan Nasional yang Berasal dari Jakarta, Ini Daftarnya

Ia menyebutkan di Indonesia amat menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan, hal itu dapat terlihat dengan banyaknya Taman Makam Pahlawan (TMP) di berbagai daerah.

"Berulang kali ibu pernah mengatakan kita harus bangga karena mungkin ada yang namanya negara itu tidak punya taman Pahlawan. Karena ibu sudah pergi ke boleh dibilang 2/3 dunia Padahal kalau di kita ditempat terpencil pun pasti ada yang disebut Taman Makam Pahlawan," terang Megawati Soekarnoputri.

Megawati Soekarnoputri juga melihat di TMP tidak selalu setiap makam yang ada selalu tercantum nama pahlawan yang gugur dalam berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

"Apa artinya? Berarti mereka sebelum kalian ada telah berjuang untuk memerdekakan bangsa ini Di taman pahlawan yang ibu sering lihat ada nama-nama yang anonim. Jadi tidak tahu, tapi berarti manusia ini telah ikut berjuang, sehingga mungkin tidak bisa di identifikasi lagi," kata Megawati Soekarnoputri.

Ia meminta para generasi muda yang berziarah ke TMP juga untuk memberikan perhatian pada para pahlawan tanpa nama tersebut karena mereka juga bagian dari pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Nama dia, siapa dia, darimana dia. Nah kalau kalian pergi ke tempat-tempat itu. Tolong kalian sebarkan juga bunga Supaya ada bonding, supaya ada pertanyaan, kenapa orang ini tidak bernama tapi masuk taman Pahlawan. Karena pada waktu itu, tentunya sebagai fakta sudah pasti ada mereka yang gugur di Medan pertempuran, mereka yang tertembak, cacat, dan lain sebagainya. Itu pasti ada alasannya. Pada waktu itu yaitu untuk berjuang untuk kemerdekaan kita," jelas Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: 4 Pahlawan Nasional Asal Jawa Tengah, RA Kartini hingga Jenderal Soedirman

Ia menyebutkan kemerdekaan NKRI merupakan perjuangan dari para pahlawan yang menginginkan masyarakat Indonesia bersatu.

"Jadi seharusnya sejarah itu harus selalu diingat. Bung Karno mengatakan Jangan Lupakan Sejarah. Apa maksudnya, dari mana asal usul kita, mengapa kita tinggal di wilayah yang disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nah anak-anakku sekalian, jangan lupa ya Selamat Hari Pahlawan, terima kasih, Merdeka," pungkas Megawati Soekarnoputri. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini