Share

Tengah Malam, Jawa Tengah Diguncang Rentetan Gempa Darat

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 10 November 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 337 2499372 tengah-malam-jawa-tengah-diguncang-rentetan-gempa-darat-TnfA4G0Iw5.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

JAKARTA - Serangkaian gempa yang berpusat di darat terjadi pada Selasa, 9 November 2021, tengah malam, di daerah Jawa Tengah (Jateng). Kendati demikian, kekuatan magnitudo gempa tergolong kecil, yakni di bawah angka 3.

Berdasarkan hasil pantauan dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa awalnya terjadi pukul 22.56 WIB. Gempa tersebut dilaporkan berpusat di darat, 5 kilometer barat laut Ambarawa.

Baca juga:  Gempa M2,5 Guncang Ambarawa, Pusatnya di Darat

Gempa tersebut berada di kedalaman 6 kilometer. Guncangan gempa dirasakan dengan skala MMI II di Ambarawa, Jambu, Banyubiru, Rosari, Sumber, hingga Kaliputih.

Kemudian, gempa kembali terjadi tak lama setelah itu, atau tepatnya pada pukul 23.11 WIB. Kekuatan gempa menurun menjadi magnitudo 2,4. Adapun, pusat gempanya berada di darat, 9 kilometer dari Kota Salatiga.

Baca juga:  BMKG: Gempa M5,3 di Banggai Kepulauan Akibat Aktivitas Sesar Naik Batui

Gempa yang berada di kedalaman 5 kilometer tersebut turut dirasakan dengan skala MMI II di Ambarawa, Pojoksari, Brongkol, Losari, Kupang, dan Krangan.

Gempa terjadi lagi hanya berselang satu menit setelah guncangan kedua. Gempa berkekuatan magnitudo 2,8 dilaporkan terjadi pukul 23.12 WIB. Gempa ketiga tersebut masih berpusat di darat, 4 kilometer timur Ambarawa.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau kerugiaan materiil akibat tiga rangkaian gempa di daerah Jateng tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini