Peristiwa 8 November: Deklarasi Masyumi sebagai Partai Politik

Tim Okezone, Okezone · Senin 08 November 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 337 2498247 peristiwa-8-november-deklarasi-masyumi-sebagai-partai-politik-YoQ1ksmZ8I.jpg Masyumi (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 8 November baik di dalam maupun luar negeri. Okezone merangkum kejadian yang terjadi pada 8 November dikutip dari laman Wikipedia:

1. Adolf Hitler lolos dari upaya pembunuhan 8 November 1939.

Adolf Hitler lolos dari upaya pembunuhan di Munich. Hitler adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi, Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional) kelahiran Austria. Ia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Baca Juga: Peristiwa 4 November: Perdana Menteri Jepang Dibunuh

2. Abraham Lincoln kembali jadi Presiden AS 8 November 1864.

Abraham Lincoln terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat. Dia adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-16, menjabat sejak 4 Maret 1861 hingga terjadi pembunuhannya. Dia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan. Namun, saat perang telah mendekati akhir, dia menjadi presiden AS pertama yang dibunuh.

Sebelum pelantikannya pada tahun 1860 sebagai presiden pertama dari Partai Republik, Lincoln berprofesi sebagai pengacara, anggota legislatif Illinois, anggota DPR Amerika Serikat, dan dua kali gagal dalam pemilihan anggota senat.

3. Masyumi deklarasikan jadi parpol 8 November 1945.

Masyumi mendeklarasikan dirinya sebagai partai politik (parpol). Masyumi, adalah sebuah partai politik Islam terbesar di Indonesia selama Era Demokrasi Liberal di Indonesia. Partai ini dilarang pada tahun 1960 oleh Presiden Sukarno karena diduga mendukung pemberontakan PRRI.

4. Musisi Jim Morrison Lahir Jim Morrison lahir di Melbourne, Florida, Amerika Serikat, 8 Desember 1943. Ia adalah seorang vokalis dan pengarang lagu dari kelompok musik The Doors.

Baca Juga:  Peristiwa 3 November: Sultan Hamengkubuwono III Meninggal Dunia

Keunikan musik The Doors yang digabungkan dengan lirik bernuansa gelap karangan Morisson menjadikan band tersebut salah satu kelompok musik terbesar dalam dunia rock and roll. Menurut majalah Rolling Stone, Jim Morrisson merupakan salah satu dari 100 penyanyi terbesar sepanjang masa.

Salah satu kontroversi besar yang telah dilakukan Jim Morrison adalah saat ia tampil di Dinner Key Auditorium, Miami, pada 1 Maret 1969. Dia menunjukkan bagian tubuhnya yang vulgar kepada para penonton.

Pada Agustus 1970, Jim menyerahkan diri ke FBI dan dinyatakan bersalah karena mabuk-mabukan dan berbuat asusila. Namun, menurut penabuh drum The Doors, Jim tidak melakukan perbuatan tersebut di konser Miami itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini