Share

Deretan Petugas Kebersihan Temukan Uang dan Dikembalikan, Nomor 3 Terima Pin KPK

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 08 November 2021 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 337 2498212 deretan-petugas-kebersihan-temukan-uang-dan-dikembalikan-nomor-3-terima-pin-kpk-2TC1vYMOgL.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Kejujuran dilakukan oleh petugas kebersihan Bandara Soekarno Hatta, Halimah dengan menemukan cek senilai Rp35,9 miliar dan mengembalikannya viral di media sosial.

Aksi tersebut bukan pertama kali yang terjadi. Berikut kisah petugas kebersihan yang temukan uang/cek dan dikembalikan:

1. Halimah Temukan Cek Rp35,9 M

Seorang petugas kebersihan Bandara Soekarno Hatta, Halimah menemukan dompet berisi cek senilai Rp35,9 miliar di area Central Coridor Depature Terminal 2.

Dia kemudian langsung melaporkan kepada petugas Aviation Security yang berjaga. Berkat kejujurannya, Halimah mendapat kenaikan jabatan.

Sebelumnya Halimah menjabat Team Leader Cleaning Service kini diangkat menjadi Supervisor Cleaning Service. Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi, Dorma Manalu menjelaskan bahwa pemilik cek tersebut berada di Jambi dan sudah dikembalikan ke pemiliknya.

Baca juga: Diduga Tersengat Listrik Saat Bekerja, Petugas Kebersihan Ruko Ditemukan Tewas

2. Petugas KRL Temukan Uang di Kantong Plastik

Petugas kebersihan KRL, Mujenih mengembalikan uang Rp500 juta yang dia temukan di dalam kantong plastik hitam di dalam gerbong KRL Bogor. Penemuan uang tersebut terjadi pada sore hari di Stasiun Bogor.

Ketika itu dia sedang bertugas membersihkan gerbong kereta. Dia melihat ada kantong plastik tertinggal, lalu dibuka dan ternyata isinya uang. Awalnya uang yang dibungkus plastik itu dikira sampah. Kemudian dia memberi uang Rp500 juta tersebut ke passenger service. Tak lama, pemilik uang tersebut datang. Aksi kejujuran Mujenih viral di media sosial.

Baca juga: Penemu Tas Berisi Cek Rp35,9 Miliar Diangkat Jadi Duta Amanah Bandara Soetta

3. Petugas Mal Kasablanka Temukan Rp100 Juta

Petugas kebersihan Mal Kota Kasablanka, Mulyadi mengembalikan tas berisi uang Rp100 juta yang ditemukan di toilet. Dia menemukan tas berisi uang Rp100 juta di toilet tanpa membukanya terlebih dulu.

Mulyadi langsung memberikannya ke customer service. Setelah itu tas dibuka dan berisi uang Rp100 juta. Tak lama, pemilik tas datang dan mengambilnya di customer service mal. Atas aksinya, Mulyadi menerima pin 'Berani Jujur Hebat' dan buku terbitan dari KPK.

Baca juga: Viral Camat Dikira Tukang Sapu dan Disuruh Bersihkan Sampah

4. Petugas Kebersihan Serahkan Rp190 Juta ke Pihak Keamanan

Petugas kebersihan di Paragon Hotel dan Residences Solo, Wanto mengembalikan tas berisi uang Rp190 juta yang ditemukannya saat bekerja. Ketika dia sedang bersih-bersih, pandangannya tertuju pas tas hitam yang tergeletak.

Dia pun mengamankan tas tersebut dan menyerahkannya ke petugas keamanan. Namun tak lama kemudian, pemilik tas tersebut datang. Pihak manajemen memberikan apresiasi atas kejujuran Wanto. Dia menerima anugerah Golden Heart Award.

Baca juga: Erick Thohir Guyur Hadiah ke Petugas Kebersihan KRL Penemu Uang Rp500 Juta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini