Share

BMKG : Tren Curah Hujan Meningkat di Bulan November dan Desember

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Sabtu 06 November 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 337 2497680 bmkg-tren-curah-hujan-meningkat-di-bulan-november-dan-desember-sPlHTZWVOS.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan curah hujan di bulan November dan Desember akan jauh lebih meningkat bila dibanding bulan sebelumnya.

Karena itu masyarakat diimbau untuk waspada akan ancaman banjir dan bencana lainnya.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, trend curah hujan lebih meningkat sejak bulan Oktober di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Di November sejumlah wilayah juga sudah memasuki musimnya sementara wilayah lain transisi musim atau pancaroba. Wilayah yang sudah memasuki musim (penghujan) itu sekitar 20 sampai 30 persen," ujarnya dalam Talk Show MNC Trijaya FM, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga : Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Pengasinan Depok Banjir

Menurut dia, semua pihak harus mewaspadai ancaman bencana yang ditimbulkan dari curah hujan yang meningkat diberbagai wilayah.

"Bulan Desember adalah salah satu puncak musim, lebih banyaknya di Januari dan Febuari. Langkah yang dibuat BMKG adalah membuat prediksi cuaca," ucapnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini