Waktu Beberapa Jam Saja Sudah Cukup untuk Proses Fit & Proper Test Jenderal Andika Perkasa

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 06 November 2021 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 337 2497584 waktu-beberapa-jam-saja-sudah-cukup-untuk-proses-fit-proper-test-jenderal-andika-perkasa-EdCjOsn2mY.jpg Jenderal Andika Perkasa (Foto: Sindo)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon menyebutkan waktu beberapa jam saja dalam pelaksanaan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah cukup sehingga bisa segera direkomendasikan ke tahapan berikutnya.

Hal tersebut disampaikan Effendi Simbolon sebelum pelaksanaan fit and proper test Andika Perkasa pada Sabtu (6/11/2021).

"Pendalaman visi misi cukup. Pada dasarnya seseorang prajurit sampai dengan bintang 4, sampai dengan KSAD. Jadi tinggal ada kebijakan, menunjukan kepala staf menjadi panglima TNI itu posisi beliau untuk dari kepada staf track record ada di Mabes TNI dan Mabes TNI Angkatan Darat," ujar Effendi Simbolon.

Ia menyebutkan pilihan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jenderal Andika Perkasa dianggap sudah tepat melihat sosoknya selama ini cukup berprestasi.

Sebagaimana diketahui, Komisi I DPR RI akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu (6/11/2021) hari ini. Uji kelayakan tersebut akan digelar secara terbuka dan tertutup, namun sebagian besar proses dilakukan secara tertutup.

Baca Juga : Ini Alasan DPR Kebut Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Jenderal Andika Hari Sabtu

Hal ini diputuskan dalam Rapat Intern Komisi I DPR pada Kamis (4/11) siang, secara tertutup. Untuk pemaparan visi dan misi calon Panglima TNI akan digelar secara terbuka, dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sementara penyampaian strategi dan kebijakan dilaksanakan secara tertutup. Pendalaman pun dilaksanakan secara tertutup, sampai pada keputusan akhir uji kepatutan dan kelayakan.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini