Share

Seorang Warga Kota Batu Meninggal Akibat Diterjang Banjir Bandang

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 05 November 2021 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 337 2496986 seorang-warga-kota-batu-meninggal-akibat-diterjang-banjir-bandang-9W0rELR7u2.jpeg Banjir bandang di Kota Batu. (Foto: Dok BNPB)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama tim gabungan dari PMI, Basarnas, TNI, Polri dan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terus melakukan proses upaya percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (4/11).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan dari data terbaru yang dilaporkan per pukul 22.20 WIB, kejadian bencana yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut telah menyebabkan satu orang warga meninggal dunia.

“Sementara itu 10 orang lainnya masih dalam proses pencarian dan 4 lainnya sudah ditemukan dalam kondisi selamat,” ungkap Aam dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Ini Cerita Kesaksian Korban Banjir Bandang di Kota Batu

Sementara itu, kerugian materil sementara yang berhasil dihimpun oleh tim di lapangan meliputi 27 unit sepeda motor rusak, 2 unit mobil rusak, 3 ekor sapi dan 5 kambing hanyut terseret derasnya aliran air di DAS Brantas. 

Sementara itu, banjir tercatat telah berdampak pada enam desa di Kecamatan Bumiaji dengan rincian meliputi Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, Desa Sido Mulyo dan Desa Punten.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

BPBD Kota Batu bersama tim gabungan tengah mempersiapkan lokasi pengungsian bagi warga yang terdampak. Selain itu, logistik dan kebutuhan pengungsi serta warga terdampak juga terus didistribusikan.

“Saat ini, kondisi di lapangan dilaporkan hujan dengan intensitas ringan. Kendati dalam kondisi hujan, namun tim gabungan masih terus menyisir lokasi lain yang diperkirakan terdampak banjir bandang, berupaya melakukan pencarian korban hilang, membersihkan material sisa lumpur, puing bangunan dan potongan kayu,” papar Aam. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini