Share

3 Kasus Kecurangan Tes CPNS di Sulawesi, Salah Satunya Dapat Nilai SKD Tertinggi Nasional

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 05 November 2021 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 337 2496979 3-kasus-kecurangan-tes-cpns-di-sulawesi-salah-satunya-dapat-nilai-skd-tertinggi-nasional-Ha7cUuVDnA.jpeg Tes CPNS. (Ilustrasi/Dok Okezone.com)

JAKARTA - Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) selalu dibanjiri atensi masyarakat. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut, ada sekitar 1,7 juta orang yang mengikuti tes penerimaan CPNS tahun 2021 ini.

Akan tetapi, sederet proses ujian tersebut harus tercoreng karena adanya tindak kecurangan yang kebanyakan dilakukan di Pulau Sulawesi. Berikut daftarnya: 

1. Buol, Sulawesi Tengah

Kasus kecurangan saat pelaksanaan tes CPNS di Buol, Sulawesi Tengah ini memang cukup banyak menyita perhatian. Kejadian ini pertama kali dilaporkan pihak BKN pada 17 September 2021.

Diketahui, peserta melakukan kecurangan berupa merusak sistema CSCASN, hingga memasang software sistem remote access. Peserta isangat cepat mengerjakan soal ujian, dengan waktu yang diperlukan rata-rata hanya 8 detik per soal. Tim penyelenggara menaruh curiga akibat kejanggalan itu dan melakukan pemeriksaan.

Hasilnya, terdapat 2 PC dengan aplikasi remore rutserv. Panitia memutuskan untuk memeriksa lebih teliti dengan membawa 1 pC lainnya ke Kanreg BKN Makassar guna pemeriksaan forensik oleh tim IT.

Benar saja, aplikasi remote rutserv yang ditemukan dalam pc tersebut memungkinkan seseorang di luar lokasi ujian membantu si peserta. Kepala BKPSDM Buol yang terlibat dalam tindak kecurangan ini sudah dinonaktifkan oleh Bupati Buol, Amirudin Rauf.

Baca juga: 5 Fakta Kecurangan Tes CPNS, Berawal Cuitan di Twitter Berujung Diskualifikasi Ratusan Peserta

2. Mamuju, Sulawesi Barat

Masih dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2021, kecurangan juga terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat yang dilaporkan pihak BKN pada 23 September 2021. Di tempat tersebut, ditemukan sebuah PC dengan aplikasi Zoho Assist.

Peserta sudah pasti bisa mendapatkan bantuan dari pihak lain. Ia pun memperoleh nilai tertinggi se-nasional yakni 510 dari nilai maksimal 550. Aplikasi itu digunakan pada 16 September 2021, sementara itu proses install nya dikerjakan pada 12 September 2021. Sementara itu, total peserta yang melakukan kecurangan mencapai 40 orang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

Peserta ujian CPNS di Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan mendapatkan nilai sangat baik usai menjalankan ujian pada 2 hingga 5 Oktober 2021. Namun, ada satu hal yang membuat panitia curiga. Kertas buram yang sengaja disediakan untuk wadah corat-coret saat mengerjakana soal perhitungan terlihat kosong. Dari situlah, panitia tergerak untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait hal ini. 

Sebuah PC akhirnya diangkut panitia ke Kanreg BKN Makassar untuk diteliti secara forensik. Setelahnya, ditemukan adanya aplikasi remote bernama Getrscreen.me yang digunakan peserta untuk mendapat bantuan pengerjaan soal dari jarak jauh. BKN melaporkan, ada 62 orang yang terlibat dalam kasus kecurangan ini.

(diolah dari berbagai sumber: Ajeng Wirachmi/Litbang MPI) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini