Share

DPR Gelar Fit and Proper Test Jenderal Andika Perkasa Sabtu 6 November 2021

Kiswondari, Sindonews · Kamis 04 November 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 337 2496871 dpr-gelar-fit-and-proper-test-jenderal-andika-perkasa-sabtu-6-november-2021-Tw4GZk2Zqf.jpg Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Koran Sindo)

JAKARTA - Komisi I DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu (6/11/2021). Namun, proses fit and proper test sudah dimulai sejak Jumat (5/11/2021) untuk verifikasi administrasi.

"Kita akan mengadakan fit and proper test hari Sabtu dan besok (Jumat) sudah dimulai tahapannya verif administrasi, seperti laporan pajak, LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), semua," kata anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi kepada wartawan seusai rapat internal Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Politikus Partai Golkar ini melanjutkan, akan dijadwalkan penetapan hasil uji kelayakan di Komisi I DPR melalui Rapat Paripurna DPR hari Senin (8/11/2021). Namun, jika memang dimungkinkan untuk melakukan Rapat Paripurna pada Senin siang hari, pemerintah bisa langsung melantik Jenderal Andika sebagai Panglima TNI di hari yang sama.

"Misalnya bisa diparipurnakan siang, pemerintah bisa lakukan pelantikan di hari yang sama," ujarnya.

Baca Juga : Digelar Terbuka-Tertutup, Berikut Jadwal Lengkap Uji Kelayakan Jenderal Andika

Bobby menjelaskan, meskipun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun tanggal 1 Desember, tetapi tanggal 8 November sudah memasuki usia pensiun. Karena itu, jabatan Panglima TNI tidak boleh kosong.

"Kita menunggu surat penugasan dari Bamus (Badan Musyawarah) dan verifikasi," tuturnya.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini