Share

Antisipasi Potensi La Nina, JK Siagakan Jutaan Relawan PMI

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 04 November 2021 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 337 2496818 antisipasi-potensi-la-nina-jk-siagakan-jutaan-relawan-pmi-h6FAKcQrwW.jpg Jusuf Kalla (Foto : Istimewa)

JAKARTA — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan pihaknya siap mengerahkan relawan dan seluruh potensi yang ada bila terjadi bencana dampak La Nina. Hal itu dikatakan JK saat memimpin apel kesiapsiagaan di Gudang Darurat Nasional PMI, Jalon Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (4/11/2021).

Apel yang diselenggarakan secara luring dan daring tersebut merupakan respon PMI terhadap analisa prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Apabila terjadi banjir ataupun bencana karena La Nina, PMI siap mengarahkan seluruh potensi yang ada. Potensi pengurus, relawan dan juga potensi peralatan,” tegas JK melalui keterangan tertulis.

Mantan Wakil Presiden RI ini juga menyatakan telah menginstruksikan kepada PMI di seluruh Indonesia untuk bersiap menghadapi La Nina. Ia menyebutkan, relawan PMI di seluruh Indonesia sekitar dua juta orang. Jumlah tersebut didukung ribuan peralatan seperti mobil, perahu serta didukung enam gudang logistik regional.

JK menjelaskan fenomena alam La Nina berpotensi menyebabkan banjir. Sehingga PMI telah menyiapkan tiga hal yang menjadi prioritas saat menghadapi bencana tersebut.

“Kita sudah siapkan shelter (tenda-tenda penginapan), makanan dan air. Karena tidak mungkin saat banjir masyarakat bisa menggunakan air yang bagus,” kata JK lagi.

Baca Juga : Antisipasi Dampak La Nina, BNPB Tekankan Aspek Mitigasi dan Kesiapsiagaan Daerah

Saat ini, lanjut JK, jajaran PMI akan ikut memantau cuaca dan melakukan apel kesiapsiagaan setiap bulan. Selain itu, ia juga melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk saling membantu dalam menghadapi bencana di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, JK berharap agar La Nina tidak terjadi di Indonesia. Namun La Nina adalah persoalan cuaca yang saat ini juga tengah dibicarakan dalam konferensi internasional. Sehingga apapun itu, semua relawan memang harus siap.

“Pertama berdoa semoga La Nina itu tidak terjadi, atau normal cuaca. Tapi kalaupun ada, kita harus siap,” ujarnya lagi.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

JK juga berpesan kepada seluruh relawan PMI agar terus latihan guna menyiapkan fisik maupun mental. Selain itu, para relawan juga diimbau agar melakukan latihan penggunaan peralatan pendukung demi memastikan kesiapan tersebut.

Untuk diketahui, La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah yang mengalami pendinginan di bawah normal. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

La Nina berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini