Share

5 Fakta SBY Idap Kanker Prostat, Warganet Ramai Doakan Kesembuhan

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 02 November 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 337 2495662 5-fakta-sby-idap-kanker-prostat-warganet-ramai-doakan-kesembuhan-XRGbcHHgAg.jpg Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis idap kanker prostat. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis terkena kanker prostat. Informasi Ini diungkapkan langsung oleh Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, Selasa (2/11/2021) pagi.

Beberapa fakta terkait kondisi SBY yang sudah kami rangkum sebagai berikut:

1. Berawal dari Pertanyaan Masyarakat

Dalam konferensi pers, disebutkan bahwa sudah banyak kerabat, masyarakat, maupun wartawan yang menanyakan kondisi kesehatan SBY belakangan ini.

"Beberapa hari ini, saya selaku Staf Pribadi Bapak SBY, menerima banyak pertanyaan dari sejumlah kalangan antara lain para sahabat Bapak SBY, wartawan dan anggota masyarakat, menyangkut kesehatan Bapak SBY, Presiden RI Ke-6," ungkap Ossy Dermawan.

Oleh karena itu agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat, dirinya akan menjelaskan semuanya melalui press release.

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dkter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," lanjutnya.

2. Berobat di Luar Negeri

Ossy mengungkapkan, bahwa SBY akan dibawa berobat ke luar negeri untuk segera mengobati kanker prostat yang dirinya alami.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ungkap Ossy Dermawan.

Baca juga: SBY Bertemu dengan Sejumlah Kader Demokrat Sebelum Berobat ke Amerika

Lebih lanjut, tim dokter di Indonesia yang menangani SBY telah berkoordinasi dengan tim dokter luar negeri untuk menangani pengobatannya.

"Komunikasi yang dilakukan antara tim dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY," kata Ossy Dermawan.

3. Kanker Stadium Awal

Ossy Dermawan menjelaskan terkait hasil komunikasi antar dua tim dokter tersebut optimis kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Dirinya beserta tim dokter optimis bahwa kanker yang diderita SBY dapat diatasi.

"Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," jelas Ossy Dermawan.

4. Sekilas Tentang Kanker Prostat

Kanker prostat sendiri adalah sel-sel kanker yang tumbuh di prostat atau sel kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih pria.

Sebagian kanker protat tumbuh perlahan dan tidak menyebabkan kerusakan serius. Tetapi, ada beberapa jenis yang tumbuh secara agresif dan menyebabkan penyakit serius.

Salah satu faktor utama yang memicu kanker ini adalah obesitas. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko menderita kanker prostat lebih tinggi atau agresif.

5. Doa Warganet

Mendengar kabar ini, banyak warganet di media sosial Twitter yang mengucapkan doa agar SBY bisa cepat pulih.

"Saya prihatin.... ternyata di Indonesia tidak ada yang bisa mengobati, baik itu instansi ataupun personal. Semoga lekas sembuh pak," ucap akun @Ophium.

"Semoga pengobatannya berhasil dan bpk @SBYudhoyono cepat sembuh, amin," ungkap akun lain @ira_lawehiku.

"Semoga perjalanan dan pengobatan berjalan lancar," ujar akun @Megawan9

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini