Share

Tutup Mahasabha XII PHDI, Wapres Imbau Jaga Kerukunan Umat Beragama

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 01 November 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 337 2494639 tutup-mahasabha-xii-phdi-wapres-imbau-jaga-kerukunan-umat-beragama-6xvGN7TJV2.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin menutup pelaksanaan Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Oktober 2021 yang digelar secara virtual pada Minggu (31/10/2021) .

"Pelaksanaan Mahasabha XII, bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, diharapkan menjadi momen penting bagi kita untuk lebih menghayati urgensi kerukunan umat beragama," kata Wapres Ma;ruf Amin.

Menurut Ma'ruf, Keberagaman suku, ras, dan agama di Indonesia menjadi khazanah budaya dan kebanggaan bangsa. Tidak sedikit konflik yang kerap terjadi akibat keberagaman tersebut.

Untuk itu, perlu adanya upaya bersama dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama dan suku bangsa. Mahasabha ini merupakan sabha tertinggi dari Parisada Hindu Dharma Indonesia.

Dalam kesempatan ini juga, Ma'ruf mengimbau agar PHDI dapat berpartisipasi dan bersinergi bersama pemerintah dalam membangun Indonesia melalui program-program kerja yang disusunnya.

“Agar PHDI terus berperan aktif untuk menyukseskan program-program pembangunan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera,” ujar Wapres.

Dengan adanya penyelenggaraan Mahasabha XII ini, Ma'ruf berharap dapat meningkatkan keimanan bagi masyarakat Hindu Dharma dan memperkuat semangat kerukunan antarumat beragama.

“Penyelenggaraan Mahasabha XII ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Hindu Dharma Indonesia untuk terus meningkatkan keimanannya dan semangat kerukunan antar umat beragama,” ucap Wapres.

Selain mendorong untuk memperkokoh kerukunan antarumat beragama, Wapres juga meminta agar PHDI tidak lengah dan tetap berpartisipasi dalam menjaga masyarakat dari ancaman Covid-19.

Baca Juga : Kiai Ma'ruf Ingin Masjid Juga Jadi Sarana Kegiatan Ekonomi Warga

“Saya mengapresiasi kepada umat Hindu yang selama ini telah berpartisipasi aktif bersama pemerintah dalam upaya menanggulangi Covid-19 dan dampaknya," Ucap Ma'ruf.

"Saya mengimbau agar PHDI dan semua elemen bangsa untuk tetap berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengikuti vaksinasi,"Lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Mahasabha XII merupakan pintu konsolidasi dan mempersatukan seluruh bangsa.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat agarterus menjaga keutuhan bangsa. “Kita semua berkewajiban untuk menjaga Indonesia untuk tetap utuh, berjaya, berdiri, dan terus tumbuh,” ungkap Yaqut.

Sebagai informasi, Mahasabha XII ini diselenggarakan secara hybrid dan sebelumnya telah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Kamis, (28/10/21). Agenda dalam penyelenggaraan Mahasabha ke-XII ini diantaranya pembentukan kepengurusan PHDI Pusat untuk masa bakti tahun 2021-2026.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Ketua Umum PHDI 2021-2026 Wisnu Bawa Tenaya, serta Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat I Ketut Puspa Adnyana. (aky)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini