Share

Kiai Cholil Nafis: Para Pemimpin Bisa Teladani 4 Sifat Rasullullah

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 29 Oktober 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 337 2493984 kiai-cholil-nafis-para-pemimpin-bisa-teladani-4-sifat-rasullullah-X6ts8qFh5T.jpg Ketua MUI, KH Cholil Nafis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua MUI, Cholil Nafis menyebut seorang pemimpin dapat meneladani empat sifat Rasulullah Saw yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fatanah.

"Sifatnya sidiq artinya percaya, jadi orang harus dapat dipercaya. Kita dipilih sebagai presiden itu dipercaya. Kedua, Jujur ada komitmen, Tabligh dan Fatonah," kata Cholil dalam webinar Partai Perindo: Webinar Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang disiarkan secara daring, Jumat,(29/10/2021).

Ia menambahkan jika digambarkan dalam Alquran, karakter pemimpin memiliki tiga prinsip yaitu merakyat yang datangya dari diri sendiri. Dimana menurutnya pemimpin adalah cerminan dari masyarakat yang dipimpin.

"Kalau bicara kepemimpinan pertama kita harus hadir mewakili rakyat, rakyat butuhnya apa. Hadirnya kita semua apakah menjawab permasalahan masyarakat," ucapnya.

Kedua, mempunyai kepekaan terhadap apa yang dirasakan masyarakat. "Pemimpin itu guidance, semua ide perilaku terpengaruh oleh rasul,"ujarnya.

Ketiga sebagai pemimpin mempuyai sifat penyayang, lapang dada,tidak emosional dan mampu menahan emosi.

"Tiga prinsip kita mampu berlapang dada, tidak pemarah dan pemaaf. Saya pikir itulah yang bisa dicontoh dari rasullah mudah-mudahan bermanfaat,"imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini