Bertemu PM Malaysia, Prabowo Bahas Kerjasama Pertahanan

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 29 Oktober 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 337 2493441 bertemu-pm-malaysia-prabowo-bahas-kerjasama-pertahanan-NBHwowvCTk.jpg Menhan Prabowo saat kunker ke Malaysia. (Dok Kemenhan)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, bertemu Perdana Menteri, Malaysia HE Dato’ Seri Ismail Sabri Bin Yaakob pada Kamis (28/10/2021). Pertemuan keduanya berlangsung saat Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Kementerian Pertahanan menyatakan, dalam pertemuan dengan PM Malaysia, keduanya membicarakan peluang penguatan hubungan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Selain itu, Prabowo menyampaikan terima kasih atas tawaran pemberian obat-obatan terapeutik kepada Kemhan dan TNI dari Malaysia. Dijelaskan, hubungan bilateral bidang pertahanan antara kedua negara telah dimulai sejak penandatanganan perjanjian damai pasca-konfrontasi pada 11 Agustus 1966.

"Setelah itu hubungan tersebut terus berkembang dan kemudian dibentuklah forum General Border Committee (GBC) Malindo yang diumumkan resmi pada tahun 1971," tulis Kemhan dalam keterangannya.

Kemhan menjelaskan, pihaknya mendukung kegiatan GBC Malindo yang merupakan forum rutin tahunan sebagai sarana untuk memfasilitasi dialog kedua negara. Khususnya dalam memajukan interaksi kerjasama di wilayah perbatasan.

Baca Juga : Prabowo Sebut Kebijakan Pertahanan Presiden Jokowi Cemerlang

"GBC Malindo 2022 akan diselenggarakan oleh Malaysia setelah sempat tertunda akibat dampak dari pandemi Covid-19," tuturnya.

Selain bertemu dengan PM Malaysia, di hari yang dama eks Danjen Kopassus itu turut melakukan pertemuan dengan Menhan Malaysia HE Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein.

"Kerja sama militer antara TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) telah berjalan melalui bidang operasi di darat, laut dan udara," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini