Kenapa Hasil Tes PCR Covid-19 Lama Keluarnya?

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 28 Oktober 2021 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 337 2493387 kenapa-hasil-tes-pcr-covid-19-lama-keluarnya-Ggy7Bbtgoy.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan durasi keluarnya hasil tes PCR maksimal memakan waktu 1x24 jam. Dia mengatakan bahwa tes PCR memakan proses panjang sehingga butuh waktu yang tidak sebentar.

“Hal ini diakibatkan karena prosesnya yg cukup panjang. Dari mulai pengambilan sampel, distribusi ke laboratorium, sampai tahapan ekstraksi dan perbanyakan materi genetik untuk dapat mengetahui CT valuenya,” katanya, Kamis (28/10/2021).

Dia mengatakan bahwa perbedaan durasi keluarnya hasil tes PCR dipengaruhi beberapa hal. Sehingga tidak menutup kemungkinan lama keluarnya hasil tes yang satu dengan yg lain bisa berbeda.

“Perbedaan durasi keluarnya hasil diagnostik dapat dipengaruhi oleh proses pengambilan sampel maupun antrian orang yang di tes. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil tes dapat keluar lebih cepat,” ungkapnya.

Seperti diketahui tes PCR menjadi syarat pelaku perjalanan udara di Pulau Jawa dan Bali. Wiku meminta agar masyarakat dapat mematuhi aturan mobilitas ini.

Baca Juga : Awas! Laboratorium yang Langgar Tarif PCR Bakal Ditutup dan Dicabut Izin Operasionalnya

Sementara itu untuk laboratorium agar memaksimalkan operasionalnya untuk mendukung kegiatan masyarakat tersebut.

“Dan lab diagnostic covid-19 dapat mendukung kegiatan masyarakat dengan mengoptimalkan operasional laboratorium dengan sumber daya yang memadai dan berkualitas,” tuturnya.

Dia kembali menjelaskan bahwa aturan PCR merupakan bentuk upaya kehati-hatian dalam beraktivitas produktif di tengah pandemi covid-19.

“Untuk itu, perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara menetapkan kewajiban testing PCR yang diakui menjadi metode testing paling sensitif,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini