Share

Indonesia Ragam Adat dan Agama, Menag Yaqut: Kerukunan Sangat Penting

Jonathan Nalom, MNC Media · Kamis 28 Oktober 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 337 2493168 indonesia-ragam-adat-dan-agama-menag-yaqut-kerukunan-sangat-penting-3jhnB4wRW4.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto : Kemenag)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil  Qoumasmengatakan kerukunan sangat penting diwujudkan di Indonesia. Hal ini mengingat negeri ini memiliki ragam budaya, adat dan agama.

“Indonesia ini bangsa yang sungguh besar, banyak, ratusan bahkan adat istiadat, budaya, dan agama yang berbeda-beda dan sama-sama hidup Negeri Surgawi. Jadi kerukunan itu, otomatis menjadi sangat penting untuk kita wujudkan dengan perbedaan yang luar biasa yang ada di Indonesia,” ujar Menag RI, Yaqut dalam Diskusi Publik Memperingati Hari Sumpah Pemuda disiarkan kanal YouTube Universitas Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Yaqut menyampaikan keragaman tersebut hendaklah dikelola dengan baik. Hal ini agar masyarakat bisa saling melengkapi dan mewujudkan kehidupan yang rukun dan damai serta menghindari adanya masyarakat yang merasa superior diantara yang lainnya.

“Perbedaan ini harus mendapatkan ruang yang cukup untuk berekspresi dan memunculkan eksistensinya karena yang melalui ruang ini bisa dibangun kesadaran hidup bersama agar masing-masing yang berbeda beda ini tidak tumbuh egoisme yang kemudian menganggap dirinya paling superior dan merasa memiliki privilege, sementara yang lain tidak,” tuturnya.

Karena itu, tambah Yaqut, penting juga bagi negara melalui pemerintah untuk mencegah timbulnya benih-benih perpecahan. Mengingat, masih ada penerus-penerus bangsa Indonesia generasi selanjutnya.

“Saya kira di sini penting negara untuk hadir untuk mencegah timbulnya benih-benih perpecahan setidaknya untuk anak bangsa kita,” tegasnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Bahkan, dirinya mengungkapkan bahwa Kemenag sendiri memiliki strategi khusus dalam mewujudkan Indonesia Rukun. Hal ini menyangkut moderasi beragama.

“Strategi yang ditetapkan pemerintah untuk mewujudkan indonesia rukun terutama dari Kementerian Agama (Kemenag) ini, kami memiliki program prioritas moderasi beragama.” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini