Pimpinan hingga Pejabat KPK Rapat Kelembagaan di Yogyakarta

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 28 Oktober 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 337 2493024 pimpinan-hingga-pejabat-kpk-rapat-kelembagaan-di-yogyakarta-9BGdwAlfYn.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Pimpinan hingga pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan menggelar rapat kelembagaan di Yogyakarta, Jawa Tengah, hari ini hingga besok. Rapat itu, salah satunya untuk membahas harmonisasi regulasi dan penyempurnaan struktur organisasi.

"Rapat intensif yang digelar di Yogyakarta ini telah diagendakan jauh-jauh hari baik dari aspek perencanaan anggaran maupun rancangan pelaksanaannya, namun harus tertunda karena kondisi pandemi dan baru bisa dilaksanakan saat ini," kata Sekjen KPK, Cahya Harefa melalui keterangan resminya, Kamis (28/10/2021).

Baca juga:   KPK Cegah Bupati Hulu Sungai Utara Ke Luar Negeri

Cahya menjelaskan, rapat internal KPK di Yogyakarta ini akan banyak membahas soal tindaklanjut Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019. Di mana, UU tersebut mengatur bahwa KPK termasuk ke dalam rumpun eksekutif dengan status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pasca pelantikan peralihan status pegawai KPK menjadi ASN tersebut, kami kemudian perlu melakukan harmonisasi regulasi dan penyempurnaan struktur organisasi guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi KPK sesuai UU tersebut," beber Cahya.

Baca juga:  KPK: Korupsi Warisi Malapetaka untuk Anak Cucu

"Untuk itu, sejak hari ini hingga 2 hari ke depan, KPK mengadakan rapat intensif yang melibatkan pimpinan dan jajaran pejabat struktural guna finalisasi rumusan penyesuaian aturan dan struktur organisasi KPK sesuai kedudukan barunya," imbuhnya.

 

Menurut Cahya, rapat internal pejabat hingga pimpinan KPK di Yogyakarta ini penting dilaksanakan. Hal itu, sambungnya, diharapkan dapat menunjang tugas-tugas KPK dalam mencegah maupun memberantas korupsi ke arah yang lebih baik.

"Melalui penyesuaian dan penyempurnaan tersebut, maka tugas-tugas pemberantasan korupsi, baik yang dijalankan melalui upaya pencegahan, penindakan, maupun pendidikan, diharapkan dapat berjalan lebih efektif dan efisien dengan landasan regulasi yang kuat dan dukungan struktur organisasi yang tepat," ucapnya.

Cahya menekankan bahwa rapat internal di Yogyakarta ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Pelibatan pimpinan hingga pejabat lembaga antirasuah dalam rapat tersebut bertujuan untuk penyelarasan program kerja di KPK agar lebih baik kedepannya.

"Pelibatan pimpinan dan para pejabat structural ini juga penting untuk menyelaraskan seluruh program kerja KPK, membangun kerjasama antar-tim dan unit kerja, yang pada akhirnya bisa menguatkan kinerja kelembagaan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini