Pecat ASN Terlibat Kecurangan di Boul, Menpan-RB: Becik Ketitik Ala Ketara

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 27 Oktober 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 337 2492371 pecat-asn-terlibat-kecurangan-di-boul-menpan-rb-becik-ketitik-ala-ketara-S5lfK00WvH.jpg MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan akan menelusuri lebih lanjut kasus kecurangan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Pemkab Buol.

Dia menegaskan akan memecat pegawai ASN yang terbukti terlibat.

“Akan menelusuri lebih jauh lagi dan akan menindak tegas jika terbukti ada ASN yang terlibat didalamnya. ASN yang terlibat harus dipecat,” katanya, Rabu (27/10/2021)

Dia mengatakan bahwa kecurangan bisa juga terjadi di titik lokasi lain. Pasalnya, melihat kecurigaan kecurangan yang terjadi dilakukan secara terorganisir.

Baca juga: SKD CPNS Boul Curang, Menpan-RB: Tak Hanya Diskualifikasi, Peserta Juga Diproses Pidana

“Bukan oleh satu dua orang, tapi bisa lebih. (Saya) berharap kasus ini hanya ada di Buol,tapi segala kemungkinan bisa terjadi. Becik ketitik ala ketara,” ungkapnya.

Baca juga: Kecurangan CPNS Buol: Peserta Tak Mau Pindah Tempat Duduk hingga Jawab Soal dengan Cepat

Tjahjo mengatakan bahwa BKN dan Panitia Seleksi (pansel) CASN sudah dilakukan audit trail dan forensik dengan machine learning/AI untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan kecurangan.

“Pansel dan BKN serta KemenPANRB sedang membahas strategi untuk mendiskualifikasi peserta yang curang tanpa membuat gaduh,” tuturnya.

“Saya selaku pembantu Presiden memiliki kewajiban menjunjung tinggi visi misi presiden terutama terkait reformasi birokrasi. Dan membangun semangat integritas di jiwa para ASN,” imbuhnya.

Baca juga: 5 Fakta Kecurangan Tes CPNS di Buol, Pasang Remote Access hingga Jawab Soal 8 Detik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini