Share

Deretan Peristiwa Perkelahian Antarpelajar, Nomor 5 Bikin Heboh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 27 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 337 2492128 deretan-peristiwa-perkelahian-antarpelajar-nomor-5-bikin-heboh-C26GO8Bqln.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perkelahian antar pelajar sering terjadi di Indonesia. Penyebabnya tak jarang adalah hal-hal kecil.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar viral perkelahian pelajar:

1. Pelajar SMP Berkelahi di Bungo, Jambi

Sebuah video berdurasi 1 menit 9 detik yang memperlihatkan perkelahian pelajar viral di sosial media. Kejadian ini terjadi di SMPN di Pelapat Kabupaten Bungo, Jambi. Dua orang pelajar yang masih duduk di bangku SMP ini terlibat perkelahian yang disaksikan oleh teman-temannya.

Ironisnya, tidak ada niat dari teman-temannya untuk melerai. Mereka justru menyemangati agar perkelahian terus berlangsung. Setelah diselidiki oleh kepolisian setempat pada 22 Oktober 2021 lalu, penyebab perkelahian diketahui adalah karena hal sepele yaitu hutang piutang. Korban berinisial A berhutang dengan temannya D, namun tidak dibayarkan setelah sekian lama.

Baca juga: Tawuran Pelajar di Kembangan, 8 Orang Jadi Tersangka

Temannya D sebenarnya sudah mengikhlaskan, tetapi D tidak terima dan menagih dengan cara yang tidak baik seperti menggunakan kata-kata kasar dan mengejek. A tentu tidak terima dan menyepakati untuk melakukan perkelahian. Perkelahian ini menyebabkan A menderita luka berat dan dilarikan ke rumah sakit.

2. Viral Pelajar Berkelahi di Lenteng Agung, Jaksel

Pada 4 Oktober 2021 lalu, video perkelahian viral dan beredar di media sosial. Sejumlah pelajar dengan menggunakan seragam sekolah terlihat menggunakan sepeda motor dan membawa senjata tajam. Di akhir video ini, sejumlah pelajar melemparkan kayu ke pelajar lainnya.

Baca juga: Pelajar dengan Luka Bacok Tergeletak di Jalan, Diduga Korban Tawuran

Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang mengetahui hal ini mengusut tawuran pelajar yang terjadi di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pemerintah mengingatkan agar guru dapat memberikan pembinaan khusus sehingga kejadian serupa tidak terulang.

3. Tawuran Pelajar di Karawang

Aksi tawuran antarpelajar di Kabupaten Karawang menyebabkan sebanyak sembilan sekolah menerima sanksi tidak dapat menggelar PTM. Sembilan sekolah ini berada di tingkat SMP, MTs, dan SMK. Tawuran ini mewarnai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang baru saja diselenggarakan.

Perkelahian ini terjadi pada bulan September lalu yang diakibatkan oleh saling mengejek. Sebanyak dua korban menjadi korban dan mengalami luka bacok.

Pelaku tawuran berhasil ditangkap oleh Polres Karawang. Pelaku yang masih dibawah umur dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-undang Darurat.

Baca juga: Pelajar SMK Kritis Usai Kepalanya Dibacok saat Tawuran

4. Pelajar Berkelahi di Margonda Raya, Depok

Jalan Margonda Raya hingga Plaza Depok menjadi tempat tawuran antarpelajar SMK pada 13 Januari 2020 lalu. Beberapa saksi mata merekam kejadian ini yang selanjutnya viral di sosial media.

Para pelajar yang berkelahi mengambil alat pel yang digunakan petugas kebersihan untuk menjadi senjata. Tawuran yang berhasil dibubarkan oleh petugas keamanan ini menyebabkan pelajar lari berhamburan keluar. Setelah memperoleh laporan, Pihak Polres Metro Depok melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan sebanyak delapan pelajar.

Baca juga: Pelajar SMK Janjian Tawuran, Keburu Disergap Polisi saat Tunggu Lawan

5. Siswi Berkelahi di Mojokerto, Jawa Timur

Pihak kepolisian berhasil menelusuri perkelahian dua siswi yang viral di sosial media pada bulan Desember, 2017 lalu dari seragam yang digunakan oleh salah satu siswi.

Dalam rekaman yang tersebar, seorang pria berusaha untuk melerai perkelahian pelajar SMA dan SMP di Mojokerto, Jawa Timur.

Perkelahian ini dipicu oleh saling ejek di media sosial. Pihak kepala sekolah yang berhasil dihubungi pun mengakui salah satu siswi yang berkelahi itu merupakan muridnya.

Baca juga: Polisi Pulangkan 13 Pelajar Terduga Pelaku Tawuran ke Orang tuanya

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini