KPK Kembangkan Penyelidikan Kasus Dugaan Korupsi Penyaluran Bansos Covid-19

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 26 Oktober 2021 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 337 2491975 kpk-kembangkan-penyelidikan-kasus-dugaan-korupsi-penyaluran-bansos-covid-19-5wiTiA6Gab.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengembangkan perkara suap pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Salah satu yang sedang dikembangkan KPK, yakni terkait dugaan adanya korupsi dalam penyaluran bansos Covid-19.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata membocorkan informasi bahwa pihaknya memang sedang menyelidiki dugaan korupsi terkait penyaluran bansos Covid-19. Namun, kata Alexander, pihaknya saat ini masih mengumpulkan keterangan serta kecukupan alat bukti.

"Ada kegiatan penyelidikan untuk menindaklanjuti penyaluran bansos tersebut. Tapi belum sampai ke tahap penyidikan," kata Alex, sapaan Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Alex mengakui bahwa hingga saat ini KPK masih terus melakukan penyelidikan untuk mengembangkan sejumlah fakta-fakta yang pernah terungkap di persidangan perkara suap pengadaan bansos Covid-19. Salah satunya, soal proses penyaluran bansos tersebut.

Dibeberkan Alex, KPK bahkan telah menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit serta menginvestigasi penyaluran bansos Covid-19. Jika sudah ditemukan kecukupan bukti, KPK tak ragu untuk menetapkan tersangka terkait pengembangan perkara bansos tersebut

Baca Juga : KPK Eksekusi Mantan Mensos Juliari ke Lapas Tangerang

"Sejauh ini pengembangannya masih dalam proses penyelidikan, ada penyeledikannya untuk menindaklanjati fakta-fakta di persidangan lewat penyelidikan," beber Alex

"Karena informasi dari masyarakat juga katanya paketnya nilainya tidak segitu, nah tentu itu tentu didalami. Termasuk kami juga menggandeng BPKP untuk mengaudit investagasi terhadap penyaluran bansos tersebut," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, KPK saat ini memang sedang membuka penyelidikan baru terkait pengembangan perkara suap pengadaan bansos Covid-19. KPK sudah memintai keterangan sejumlah pihak, salah satunya mantan Mensos, Juliari Peter Batubara.

Pada perkara suap terkait pengadaan bansos berupa paket sembako untuk penanganan Covid-19 sebelumnya, KPK sudah menjerat lima orang. Mereka yakni, mantan Mensos Juliari Peter Batubara.

Kemudian, mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono serta dua pihak swasta pemberi suap yakni Ardian Iskandar Maddanatja dan Harry Van Sidabuke.

Kelimanya sudah divonis bersalah oleh pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Pengadilan juga sudah menjatuhi hukuman penjara, denda, serta uang pengganti yang berbeda terhadap kelimanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini