Mengenal Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi 'Tangan Kanan' SBY

Tim Okezone, Okezone · Selasa 26 Oktober 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 337 2491684 mengenal-letjen-tni-purn-sudi-silalahi-tangan-kanan-sby-FbRFPW7izg.jpg Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi semasa hidup (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi, lahir di Pematang Siantar pada 13 Juli 1949. Sudi bersama kesembilan saudaranya dididik oleh ayahnya, Abdul Aziz Silalahi, untuk menjadi pribadi yang jujur, pekerja keras dan disiplin.

Walaupun saat itu sang ayah adalah seorang kepala desa, Sudi beserta saudara-saudaranya tetap hidup sederhana dan apa adanya. Sebenarnya, menjadi tentara bukanlah cita-cita Sudi. Namun Tuhan berkehendak lain. Setelah lulus STM di Bandung, Sudi yang tak kesampaian melanjutkan sekolahnya ke ITB. Akhirnya Sudi melanjutkan pendidikannya ke Akabri dan lulus di tahun 1972.

Baca juga:  Eks Mensesneg SBY Sudi Silalahi Meninggal Dunia di RSPAD

Berdasarkan yang dikutip dari berbagai sumber, Sudi merupakan Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sudi lulus dari Akabri pada tahun 1972 dan mengakhiri karir militernya dengan pangkat Letnan Jenderal. Saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Sudi Silalahi sudah mendampinginya sebagai Sekretaris.

Baca juga:  Jenazah Sudi Silalahi Sudah Dibawa ke Rumah Duka

Mantan Askomsos Kaster ABRI (1998), ini juga berperan dalam Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden dan bertugas menentukan para direksi BUMN dan eselon satu di setiap departemen.

Sosok jenderal berbintang tiga ini disebut-sebut banyak orang sebagai tangan kanan Presiden SBY. Bahkan secara fungsional, dia dianggap sebagai orang ketiga pemerintahan SBY.

Riwayat Karir:

- Wakil Assospol Kasospol ABRI, 1996-1997

- Kepala Staf Kodam Jaya, 1998

- Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998

- Pangdam V Brawijaya, Surabaya, 1999

- Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Kabinet Gotong Royong, 2001-2004

- Sekretaris Kabinet pada Kabinet Indonesia Bersatu, 2004-2009

Jabatan Dalam Kabinet:

- Sekretaris Negara dalam kabinet Kabinet Indonesia Bersatu II masa kerja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini