Humor Gus Dur: Ho'oh, Betul, Benar

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 26 Oktober 2021 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 337 2491640 humor-gus-dur-ho-oh-betul-benar-dXDB2l6wR9.jpg Gus Dur (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terkenal akan humor-humornya yang lucu dan mengundang gelak tawa. Terlebih ketika dirinya menggunakan figur publik lain di dalam guyonannya tersebut.

Dari buku Mati Tertawa Bareng Gus Dur, dia pernah berguyon mengenai Presiden America Serikat, Bill Clinton, memiliki ajudan yang tersasar di sekitar Jakarta.

Seorang ajudan Presiden Bill Clinton dari Amerika Serikat sedang jalan-jalan di Jakarta. Karena bingung dan tersesat, dia kemudian bertanya kepada seorang penjual rokok. "Apa betul ini Jalan Sudirman?" "Ho oh," jawab si penjual rokok.

Bca Juga: Humor Gus Dur: Presiden, Juru Dakwah dan Sopir Metromini

Bingung dengan jawaban tersebut, dia kemudian bertanya lagi kepada seorang polisi yang sedang mengatur lalu lintas. "Apa ini Jalan Sudirman?" Polisi menjawab, "Betul."

Dirinya semakin bingung mendapat jawaban yang berbeda, akhirnya bertanya kepada Gus Dur yang waktu itu kebetulan melintas bersama ajudannya. "Apa ini Jalan Sudirman?" Gus Dur menjawab "Benar."

Bule itu semakin bingung saja karena mendapat tiga jawaban yang berbeda. Lalu akhirnya dia bertanya kepada Gus Dur lagi, mengapa waktu tanya tukang rokok dijawab "Ho oh," lalu tanya polisi dijawab "betul" dan yang terakhir dijawab Gus Dur dengan kata "benar."

Gus Dur tertegun sejenak, lalu dia berkata, "Ooh begini, kalau Anda bertanya kepada tamatan SD maka jawabannya adalah ho oh, kalau yang bertanya kepada tamatan SMA maka jawabannya adalah betul. Sedangkan kalau yang bertanya kepada tamatan Universitas maka jawabannya benar."

Ajudan Clinton itu mengangguk dan akhirnya bertanya, "Jadi Anda ini seorang sarjana?" Dengan spontan Gus Dur menjawab, "Ho... oh!"

Baca Juga: Humor Gus Dur: Prajurit Indonesia Paling Berani

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini