4 Aksi Heroik Petugas Damkar Bantu Masyarakat

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 26 Oktober 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 337 2491636 4-aksi-heroik-petugas-damkar-bantu-masyarakat-o6AKTss9Tb.jpg Petugas damkar saat mengambil kart ATM yang jatuh ke selokan. (Twitter/@humasjakfire)

AKSI heroik seringkali ditampilkan oleh petugas pemadam kebakaran yang muncul di berbagai film. Namun, ternyata hal tersebut tidak hanya terjadi di layar kaca. Banyak jasa yang telah dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran untuk membantu masyarakat dan lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa aksi heroik dan unik yang dilakukan petugas pemadam kebakaran, dilansir dari berbagai sumber;

Mengambil Kartu ATM

Petugas pemadam kebakaran (damkar) bekerja sama untuk mengambil kartu ATM yang jatuh ke gorong-gorong di Matraman, Jakarta pada Jumat (8/10/2021). Melansir sumber, kartu ATM tersebut jatuh saat pemiliknya akan membayar bakso di depan Bank DKI Matraman. Pemilik kartu ATM tersebut akhirnya menghubungi petugas damkar, yang berhasil mengambil kembali kartu ATM tersebut dalam waktu 10 menit.

Evakuasi Sarang Tawon

Sarang tawon yang terletak pada tower radio komunikasi milik salah seorang petugas Damkar dievakuasi pada Sabtu (3/7/2021). Sebelumnya, saksi mata melihat sebongkah sarang tawon seukuran bola tenis tertempel di tempat itu. Namun, setelah beberapa hari diabaikan, bongkahan sarang tawon tersebut membesar hingga sebesar bola kaki. Karenanya petugas damkar memutuskan untuk mengeksekusi sarang tawon tersebut agar tidak membahayakan.

Baca Juga : Cincin Batu Akik Tak Bila Lepas, Kakek Ini Minta Tolong Damkar

Memotong Cincin

Seorang warga Kota Jambi berinisial SF (45) mendatangi Mako Pemadam Kebakaran di Kawasan Simpang Kawat pada Senin (8/3/2021). Ia mengeluh kesakitan karena cincin yang tersemat di jari manisnya tidak bisa dilepas. Mirisnya, SF sudah berusaha melepas cincin tersebut sejak dua tahun lalu, bahkan mencongkelnya dengan kawat dan sempat mengalami infeksi karenanya. Petugas damkar pun dengan cepat berusaha menolong korban dan memotong cincin tersebut menggunakan gerinda ukuran kecil. Setelah satu jam, cincin tersebut berhasil dilepas. Menurut sumber, ini bukan kali pertama petugas damkar menangani kasus seperti ini.

Mengangkat Jenazah

Proses pemakaman jenazah seorang pria berinisial AF (25) di Jakarta Timur pada Selasa (13/7/2021) dibantu oleh tim pemadam kebakaran setempat. Peti jenazah dengan ukuran besar tersebut tidak bisa diangkat oleh warga karena bobotnya yang berat, sekitar 300kg. Hal ini membuat keluarga almarhum meminta bantuan damkar untuk mengangkut peti jenazah. Saat dimasukkan ke liang lahat, tim damkar dan warga bersama-sama menurunkan peti jenazah tersebut menggunakan katrol. (dilansir dari berbagai sumber/Andin Danaryati/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini