Polri Tindaklanjuti Laporan KPAI Soal Dugaan Pencurian Database

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 337 2491600 polri-tindaklanjuti-laporan-kpai-soal-dugaan-pencurian-database-w67iFXr2Vi.jpg Kabag Penum Kombes Ahmad Ramadhan. (MNC Portal)

JAKARTA - Polri menyatakan telah menerima laporan aduan yang dibuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait dugaan pencurian database.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, laporan itu dibuat oleh pegawai KPAI berinisial HH. Menurut Ramadhan, laporan itu bakal ditindaklanjuti oleh penyidik Bareskrim Polri.

"Prinsipnya semua laporan masyarakat akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," kata Ramadhan kepada wartawan, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Ramadhan menuturkan, bahwa pelapor menduga ada peristiwa akses sistem secara tidak sah atau ilegal hingga pencurian data yang melanggar ketentuan pidana.

Laporan itu, didasari atas dugaan pelanggaran Pasal 46 ayat 1,2 dan 3 jo Pasal 30 ayat 1, 2, 3 dan/atau Pasal 28 ayat 1, 2, 3 jo Pasal 32 ayat 1,2, dan 3 Undang-undang nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Juga : Database Bocor, KPAI Telah Lapor ke BSSN dan Polri

"Laporan dari saudara HH melaporkan tentang tindak mengakses sistem secara tidak sah, atau ilegal akses dan/atau pencurian," ujar Ramadhan.

Menurut dia, penyidik saat ini masih melakukan verifikasi dan pendalaman terhadap laporan yang dibuat. Ia belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai rencana penyelidikan ke depan yang akan dilakukan oleh kepolisian mendalami perkara itu.

"Akan kami update selanjutnya bagaimana," tutur Ramadhan.

Sebagaimana diketahui, database yang dinyatakan bocor tersebut berisi data pengaduan online, seperti pengaduan yang sudah ditangani, dirujuk atau diproses ada dalam website resmi KPAI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini