Humor Gus Dur: Mahasiswa Sastra Madura Bikin Dosen Mengernyitkan Dahi

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 337 2491117 humor-gus-dur-mahasiswa-sastra-madura-bikin-dosen-mengernyitkan-dahi-isOtrcD28p.jpg Gus Dur (Foto: Okezone)

MADURA – Beberapa dosen mengernyitkan dahi saat seorang mahasiswa sastra asal Madura sedang menyiapkan sebuah skripsi. Mengapa? Karena si mahasiswa meneliti tentang candaan Gus Dur kepada anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPR).

Pertanyaan atau rumusan masalah utama skripsinya adalah ‘Mengapa DPR tidak marah luar biasa meskipun Gus Dur menyamakan lembaga perwakilan rakyat itu dengan Taman Kanak-kanak (TK)?’

Sang dosen pembimbing, yang kebetulan orang Batak, tidak mampu mengarahkan si mahasiswa yang orang asli Jawa itu.

Dilansir laman NU Online, dosen-dosen lain yang berasal dari berbagai suku di tanah air juga angkat tangan. Bahkan seorang dosen asal Bali mencoba memastikan jika saat itu DPR sudah marah-marah ke Gus Dur.

Baca juga: Humor Gus Dur: Prajurit Indonesia Paling Berani

Namun mahasiswa itu menegaskan jika DPR memang marah-marah, tapi tidak marah yang sangat besar. DPR dianggap tidak serius dan tidak membawa masalah itu ke ranah hukum yang bisa berujung diturunkannya Gus Dur dari kursi kepresidenan.

Diketahui, Gus Dur menyatakan anggota DPR seperti anak-anak TK pada Juli 2001, dua bulan setelah dirinya dilengserkan parlemen. Lalu anggota DPR menunjukkan tingkah polah mirip taman kanak-kanak dengan nyaris saling pukul dalam sidang paripurna di DPR.

Baca juga: Humor Gus Dur : Punya Ajudan, tapi Bukan Kaya Presiden

Namun akhirnya Gus Dur menyesal telah menyamakan anggota DPR dengan anak-anak TK yang dianggapnya lebih kreatif dan bersih.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini