Mahfud MD Beberkan 3 Tingkatan Radikalisme di Indonesia

Riezky Maulana, iNews · Minggu 24 Oktober 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 337 2490944 mahfud-md-beberkan-3-tingkatan-radikalisme-di-indonesia-WoZOGjob2T.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto : MNC Portal/Riezky Maulana))

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut sedikitnya ada tiga tingkatan wujud radikalisme di Indonesia. Hal pertama adalah takfiri, yaitu tidak suka terhadap orang lain yang memiliki keyakinan berbeda.

Hal ini dikatakan Mahfud saat memberi sambutan dalam diskusi bertajuk intoleransi & radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama, Minggu (24/10/2021).

Mahfud MD Bicara Surat Pencekalan terhadap Habib Rizieq Shihab

"Gelagat radikalisme itu memunculkan 3 hal. Satu takfiri. Menanggap orang lain yang berbeda itu adalah musuh atau tidak disukai. Dia enggak suka kepada orang yang berbeda, beda mazhab, suku, apalagi beda agama dan ras," ujar Mahfud.

Namun, Mahfud melanjutkan, takfiri masih dikategorikan hal lembut. Menurutnya, yang lebih parah adalah tingkatan jihadis.

Baca Juga : Terdampak Pandemi, Budayawan dan Seniman Jatim Curhat ke Mahfud MD

"Jihadis itu ya bunuh. Kalau enggak sama dengan saya bunuh teror bom. Ya itu yang melahirkan teroris," katanya.

Ia menambahkan, tingkatan ketiga adalah radikalisme ideologi. Mahfud menyebut, tingkatan ini adalah memberikan analisis kepada lawan bicaranya bahwa yang dipercayainya adalah hal paling benar.

"Ketiga adalah ideologi. Memengaruhi pemikiran, membuat analis macam-macam untuk mempengaruhi orang agar tidak percaya kepada toleransi, bahwa saya yang paling benar, orang lain salah," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini