Satgas: PCR "Golden Tes" dengan Sensitivitas Screening Covid-19 Paling Tinggi

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 24 Oktober 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 337 2490898 satgas-pcr-golden-tes-dengan-sensitivitas-screening-covid-19-paling-tinggi-QEMRuqgj0I.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Hery Trianto menegaskan, polymerase chain reaction (PCR) merupakan golden tes dengan sensitivitas paling tinggi dalam screening Covid-19.

“Jadi memang paling aman saat ini adalah memastikan bahwa tes yang digunakan adalah golden tes dengan sensitivitas paling tinggi yakni PCR,” ungkap Hery dalam keterangannya, Minggu (24/10/2021).

Baca juga:  Penumpang Pesawat Keluhkan Pemberlakuan Wajib PCR

Hal ini ditegaskan Hery menjawab polemik PCR tes yang menjadi syarat wajib untuk bisa menggunakan moda transportasi udara atau pesawat mulai hari ini 24 Oktober 2021.

Meski begitu, Hery mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini Satgas Covid-19 akan terus melakukan review terkait kebijakan ini.

“Tapi tentu saja ini akan terus kita review, karena berjalannya hingga tanggal 1 November,” katanya.

Baca juga:  Ketua Satgas IDI: Meski Sudah Vaksin, Kebijakan Tes PCR Sebelum Naik Pesawat Penting

Hery mengatakan, jika kasus Covid-19 tidak menunjukkan lonjakan, maka akan dievaluasi apakah akan tetap menggunakan tes PCR sebagai syarat moda transportasi udara atau bisa diganti dengan tes antigen seperti sebelumnya.

“Kalau kemudian kasusnya ini bisa terus rendah seperti sekarang, nanti pasti akan dievaluasi untuk kemudian mempermudah juga bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas,” papar Hery.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini