Kemenparekraf Berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta, MNC Peduli dan Alumni SMA 4 Jakarta Gelar Geber Donor Darah

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 24 Oktober 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 337 2490883 kemenparekraf-berkolaborasi-dengan-pmi-dki-jakarta-dan-mnc-peduli-gelar-geber-donor-darah-K2HvrTHH61.jpg Menparekraf Sandiaga Uno saat donor darah (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, PMI DKI Jakarta, MNC Peduli dan alumni SMA 4 Jakarta mengadakan aksi 'Geber' atau Gerakan Bersama donor darah.

Aksi kemanusiaan yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf RI ini dihadiri oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno dan Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi pada Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Bantuan MNC Peduli, Ibu Guru Saripah: Semoga Bermanfaat untuk Anak Didik Kami

Kerjasama ini merupakan kepedulian sosial guna membantu memenuhi kebutuhan stok darah yang selama pandemi sulit tercukupi akibat berkurangnya pendonor.

"Angkatan kemanusian SMA 4 Jakarta melakukan Geber (Gerakan Bersama). Tujuannya untuk membantu PMI DKI Jakarta untuk mengisi stok darah karena bulan Agustus lalu ada permintaan 17 ribu. Tapi, karena PMI kekurangan stok darah hanya bisa menyediakan 11 ribu," kata Sandi saat jumpa pers.

Baca juga: Bahagianya Warga Kampung Ciwalen Terima Sembako dari MNC Peduli

"Oleh karena itu, jangan sampai pandemi Covid-19 ini menghalangi niat baik kita untuk berkontribusi memberikan bantuan kepada sodara kita yang membutuhkan," imbuhnya.

Sandi pun mengharapkan dengan 'Geber' Parekraf dapat membangkitkan tidak hanya stok darah. Melainkan sisi yang lain dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Mudah mudahan dapat membangkitkan semangat kita bangkit kembali dan untuk pulihkan bukan hanya stok darah tapi juga sisi perekonomian, lapangan pekerjaan, sisi mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia khususnya menghadapi pandemi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan bahwa kebutuhan setiap hari harus tersedia 1000-1200 kantong darah. Ia pun menekankan bahwa PMI bekerja terus menerus untuk memenuhi kebutuhan kantong darah.

"Setiap hari PMI Jakarta harus menyiapkan 1000-1200 kantong darah dan ini rutin kita lakukan per hari jadi kalau hari ini kami bekerja mencari 1000-1200 esok pun demikian, lusa pun demikian dan seterusnya. Oleh karena itu PMI organisasi kemanusiaan yang tidak pernah berhenti bekerja untuk menyiapkan persediaan darah. Kenapa 1200? Karena memang kebutuhan darah setiap hari walaupun fluktuatif tapi rata rata 1000-1200 ini disiapkan untuk rumah sakit dan rumah bersalin yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Kita ketahui bahwa sekitar 190 rumah sakit yang ada di Jakarta meminta darahnya ke PMI Jakarta. Oleh karena itu, kami terus menerus berupaya agar setiap hari menyiapkan 1000-1200 kantong darah dan alhamdulillah hari ini per detik ini PMI Jakarta sudah siap dengan 1182 kantong darah," ungkapnya.

Baca juga:  Warga Bogor ke MNC Peduli: Terima Kasih Sudah Menggelar Vaksin Covid-19

Rusef sapaan akrabnya pun mengajak warga Jakarta dan sekitarnya agar menyumbang darah untuk memenuhi kebutuhan 1000-1200 kantong.

"Kita ketahui bahwa setetes darah menyelamatkan nyawa manusia Jakarta khususnya memberikan 1000-1200 kantong darah per hari. Oleh karena itu, saya Rustam Efendi Ketua PMI DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat yang peduli sesama mari kita sumbangkan darah kita melalui PMI DKI Jakarta dengan menjadi pendonor darah," ajaknya.

Kemudian, Ketua Pelaksana Grebek donor darah Angkatan Kemanusiaan SMA 4 Jakarta Arya Sandhiyudha mengatakan bahwa kegiatan tersebut melanjutkan kepedulian untuk mengisi kekosongan ketersedian darah di Ibu Kota.

"Hari ini alumni SMA 4 Jakarta melanjutkan reuni kemanusiaan bersama Kemenparekraf dan PMI DKI Jakarta untuk melanjutkan kepedulian kita mengisi kekosongan atau kelangkaan ketersediaan darah di DKI Jakarta," ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan donor darah ini sangat penting untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan darah.

“Saat pandemi ini minat untuk mendonor menurun sedangkan kebutuhan darah tetap tinggi sehingga kita berupaya membantu memenuhi kebutuhan darah ini,” katanya.

Kemenparekraf RI, PMI DKI Jakarta, MNC Peduli dan Alumni SMA 4 mengajak masyarakat untuk dapat berbagi kasih dengan mendonorkan darah di PMI terdekat agar kebutuhan darah dapat selalu terjaga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini